GAYA HIDUP

Ini Perbedaan Antara Anxiety Atau Perasaan Cemas dan Gangguan Kecemasan

Ilustrasi rasa Cemas. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Setiap orang pasti perbah merasakan rasa khawatir, gelisah, atau sulit berkonsentrasi. Hal itu bisa jadi karena kecemasan.

Gangguan kesehatan mental yang umum ini dapat diobati dengan kombinasi pengobatan, konseling, dan perawatan diri yang tepat, tetapi pertama-tama perlu memahami apa itu dan bagaimana hal itu memengaruhi hidup.

Seperti dilansir dari thehealthy.com, pada Senin (11/4/2022). Kecemasan adalah perasaan takut, yang dimiliki setiap orang dari waktu ke waktu, dan ekspresi respons “lawan atau lari” alami Anda terhadap bahaya.

Lantas apa perbedaan antara kecemasan dan gangguan kecemasan? Kecemasan dalam menanggapi ancaman yang sebenarnya (seperti gugup menghadapi ujian) itu sehat, bukan penyakit.

Kecemasan dalam menanggapi ancaman yang dibayangkan (Merasa seperti semua orang mengejek, atau gemetar tak terkendali ketika telepon berdering) dianggap sebagai kondisi kesehatan mental.

Sebagian besar kasus ada pada spektrum. Misalnya, normal untuk khawatir jika atasan meminta untuk lebih responsif terhadap email, tetapi jika rentan terhadap kecemasan, kamu mungkin bereaksi berlebihan dan menganggap akan dipecat.

Masalah terkait kecemasan yang terus-menerus dan mengganggu kemampuan untuk menjalani kehidupan sehari-hari dianggap sebagai penyebab kekhawatiran.

Gangguan kecemasan umum, kadang-kadang disebut kecemasan klinis, adalah salah satu gangguan kejiwaan yang paling umum, menurut National Institute of Mental Health, mempengaruhi hampir 3 persen dari populasi umum dan dua kali lebih banyak wanita daripada pria.

Meskipun para ahli setuju bahwa gangguan kecemasan adalah umum, prevalensi sebenarnya mungkin lebih tinggi karena orang dengan kecemasan tidak selalu mencari bantuan, dan banyak dokter tidak membuat diagnosis formal, terutama karena sering muncul dengan kondisi kesehatan lainnya.

Selain itu, “gangguan kecemasan” adalah istilah umum untuk menggambarkan banyak kondisi, termasuk fobia sosial dan gangguan kecemasan perpisahan dan berbagai fobia. Kecemasan “umum”, meskipun serius, sering kali dibayangi oleh sepupunya yang lebih melemahkan.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like