Uncategorized

Investor Rumania Lirik Potensi Porang Madiun, Dubes RI siap Kawal Kontrak

Dubes RI untuk Rumania dan Republik Moldova saat bertemu dengan Wali Kota Madiun. (Foto: Rama Kominfo Madiun).

Tunasnegeri.com – Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Rumania dan Republik Moldova, Irjen Pol (Purn) M Amhar Azeth mengadakan kunjungan ke Kota Madiun, pada Minggu (5/6/2022).

Amhar datang bersama investor asal Rumania, Emil Sirbu, dan didampingi HM Arum Sabil, Ketua Umum DPP Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo) untuk bertemu dengan Drs H Maidi SH MM MPd, selaku Walikota Madiun.

Dalam kesempatan tersebut, Emil menyampaikan rasa bangganya terhadap
Walikota Madiun yang telah mempunyai visi terkait kerjasama yang akan dilakukan.

“Setelah ini kita mulai kerjasama untuk membuka satu kantor di Madiun, untuk membiayai semua proyek yang cukup bagi kedua pihak, itu keinginan saya,” terang Emil yang diterjemahkan langsung oleh translatornya.

Emil menjelaskan bahwa komoditas porang menjadi prioritasnya dikarenakan itu merupakan potensi pertama yang diketahuinya tentang Kota Madiun.

Menurutnya, hubungan kerjasama harus segera dimulai. Sebab, untuk dapat lebih mengenal satu sama lain, kedua pihak harus mulai dengan sesuatu, misalnya melalui kerjasama.

Senada, Maidi memaparkan bahwa nantinya akan dibuat sebuah proposal kerjasama dimana hasil produk porang yang dikirim keluar negeri atau ekspor merupakan produk yang telah diolah mesin di Madiun untuk menjadi barang jadi. Sehingga, kedepannya tidak mengekspor porang dalam bentuk barang mentah.

“Jadi produk porang yang keluar dari kota Madiun harus berupa barang jadi yang telah dikemas sesuai permintaan pasar dunia,” papar Walikota.

Maidi juga menyampaikan bahwa produksi porang di Madiun selama ini mengalami overload. Hal tersebut dikarenakan jumlah produk yang melimpah ruah oleh petani, tetapi pasar dalam kondisi lesu.

“Yang hari itu (harga porang, Red) Rp 13.000, hari ini Rp 2.500. Disinilah kedatangan pak Emil dari kedutaan Rumania sangat membantu dan akan menolong kita semuanya termasuk petani Porang,” ujar Walikota Madiun

Guna menjaga kontinyuitas produksi porang, Maidi akan menghitung kemampuan produksi serta kebutuhan porang harian dan bulanan. Hal tersebut bertujuan untuk dapat memproyeksi jangka waktu tanam porang guna mencukupi kebutuhan pabrik yang diinginkan.

Maidi memaparkan bahwa porang Madiun pernah di ekspor hingga ke Cina. Namun, melihat persaingan bisnis dengan harga yang saat ini sedang drop, membuat banyak petani sekarang menjerit. Oleh karena itu, dengan kedatangan Emil dari Kedutaan Rumania bertujuan untuk membantu dan kebutuhan pabrik akan dicukupi.

Selain itu, atas hadirnya HM Arum Sabil disambut gembira oleh Maidi. Karena, Arum diketahui bakal menjadi salah satu investor lokal yang akan berinvestasi di Madiun melalui pembangunan Hotel bintang lima.

“InsyaAllah, hotel bintang lima sudah siap. Bapak HM Arum Sabil berjanji akan mendirikan hotel bintang lima untuk investasi disini,” terangnya.

Sementara itu, Dubes RI Amhar mengutarakan bahwa sebagai bentuk keseriusannya, setelah Walikota Madiun menyiapkan proposal, maka dirinya akan mengundang Walikota pada bulan Juli untuk datang ke Rumania.

“Bapak Walikota nantinya datang ke Rumania berdiskusi untuk mempresentasikan proposal. Kemudian, akhir Agustus pak Emil akan datang kesini (Madiun, Red) sekaligus kontrak kerjasama,” katanya.

Amhar menjelaskan jika tim ahli akan datang ke Indonesia khususnya Jawa Timur setelah proposal dari Walikota Madiun sampai di Rumania. Karena, hal tersebut secara bisnis harus dikaji serius bersama para ahlinya.

“Tolong hitung waktu mundur, kisaran akhir Agustus atau awal September nanti kita akan datang lagi ke Kota Madiun,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like