PERISTIWA

Jakarta Tercatat sebagai Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

Ilustrasi kualitas udara buruk. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Kualitas udara di Jakarta menjadi yang terburuk di dunia berdasarkan laporan situs Air Quality Index (AQI) dalam tiga hari terakhir.

Dilansir dari situs iqair.com, terdapat laporan Kualitas Udara Dunia 2021. IQAir merupakan laporan kualitas udara global utama pertama berdasarkan pedoman kualitas udara WHO tahunan yang diperbarui untuk PM2.5. Pedoman baru tersebut dirilis pada September 2021 dan memangkas nilai pedoman PM2.5 tahunan dari 10 g/m3 menjadi 5 g/m3.

Partikulat (PM2.5) merupakan partikel udara yang memiliki ukuran lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer). Polusi partikel halus yang dikenal sebagai PM2.5 itu umumnya diterima sebagai polutan udara yang paling berbahaya dan dipantau secara luas dan telah ditemukan sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap efek kesehatan seperti asma, stroke, penyakit jantung dan paru-paru. PM2.5 menyebabkan jutaan kematian dini setiap tahun.

Jakarta menduduki posisi nomor satu kualitas udara terburuk dengan keterangan Konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta saat ini 14,1 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO pada Kamis (16/6/2022), pukul 06:58 WIB.

Selain DKI Jakarta, terdapat tiga wilayah negara lain yang juga mencatatkan tingkat polusi udara yang tinggi hingga menyebabkan tidak sehat di antaranya Riyadh, Arab Saudi dengan laporan kualitas udara sebesar 152 US AQI. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like