Tips dan Trik

Jelang Ramadhan, Berikut Tips Agar Puasa Lancar dan Tubuh Segar

Ilustrasi puasa di bulan Ramadhan. (Foto: Freepik). 

Tunasnegeri.com – Tak terasa sebentar lagi umat muslim diseluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Tak kurang dari satu pekan, bulan suci Ramadhan akan tiba.

Dalam menyambut Ramadan, umat Muslim tentunya akan menunjukkan salah satu wujud cintanya kepada Allah Swt. Salah satu yang sederhana ialah menyambutnya dengan keringanan hati.

Lantas apa saja trik agar puasanya lancar dan tubuh tetap segar bugar? Berikut ini beberapa tips dari HM Arum Sabil, seorang praktisi pendidikan di Indonesia.

Ia menjelaskan, yang bisa diterapkan agar tubuh tetap dalam kondisi sehat hal pertama yaitu berbuka puasa dengan air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan seperti kurma dan lain-lain.

Kemudian setiap kali berbuka dan sahur agar menyediakan menu makanan yang sehat dan terdapat dari 4 kelompok makanan.

“Agar kuat dalam menjalankan ibadah puasa saat sahur harus ada 4 kelompok makanan, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan tentunya buah-buahan,” kata pria yang Akrab di sapa Abah Arum ini.

Selain itu, ia juga mengungkapkan agar menghindari makanan yang terlalu asin baik setiap buka puasa maupun sahur.

Akan tetapi, lanjut Abah Arum, selain mengkonsumsi makanan yang sehat, ia juga menyarankan agar memperbanyak minuman air putih 8 sampai 10 gelas selepas buka hingga sahur.

Lebih jauh, Abah Arum mengungkapkan bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berhenti merokok. Para perokok yang berpuasa akan berhenti merokok sejak sahur sampai berbuka puasa.

“Lakukan sesuatu yang menyehatkan jiwa raga misalnya berolahraga, berkebun, melukis, minum air secara perlahan dan menarik nafas dalam untuk mencegah keinginan untuk merokok. Berhenti merokok di bulan Ramadhan akan memberi manfaat bagi kesehatan dan kehidupan serta lingkungan,” katanya.

Kemudian, melakukan aktivitas fisik yang memungkinkan. berikutnya atasi stres dengan memperdalam ilmu agama dan beribadah.

“Jangan lupa kontrol tekanan darah secara rutin bagi penderita hipertensi, Kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang diabetes dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya. Semoga lancar dan kita selalu dalam keadaan sehat,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like