AGAMA

Jelang Salat Idul Fitri 1442 H, Gubernur Khofifah Pastikan Prokes di Tetapkan

Gubernur Khofifah saat pastikan kesiapan Masjid Nasional Al-Akbar untuk Solat Idul Fitri 1442 H /instagram/khofifah.ip

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunggah foto dirinya di akun Instagram pribadi miliknya @khofifah.ip, dengan mengenakan gamis hitam berpadu dengan kerudung abu-abu serta memakai masker di dalam Mesjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

Terlihat dalam captionnya itu, ia memastikan terselenggaranya kegiatan salat Idul Fitri 1443 H / 2021 M.

“Memastikan kesiapan penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya,” tuls orang nomor satu di Jawa Timur (Jatim) itu.

Ia juga memaparkan bahwa dengan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) itu adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemberantasan virus covid-19.

“Ketatnya protokol kesehatan yang diterapkan dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh jamaah saat melaksanakan Sholat Ied, sekaligus sebagai ikhtiar membantu negara dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga berdoa agar pelaksanaan kegiatan salat id itu tetap terlaksana dan tanpa mengurangi rasa syukur.

“Semoga situasi pandemi ini tidak mengurangi rasa syukur kita usai meraih kemenangan besar setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kembali kepada fitrah, suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan. Aamiin,” pungkasnya.

Merujuk pada Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 451 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan salat Idul Fitri di saat pandemi. Dalam menjalankan salat id, wajib memperhatikan standar Protokol Kesehatan (Prokes) sebagai mana di ataur dalam poin 3. Salat id dapat memaksimalkan mesjid dan lapangan. Panitia penyelenggara menyediakan thermogun. Bagi orang tua dan yang baru sembuh disarankan tidak ikut salat id. Seluruh jamaah wajib mengindahkan prokes yang ada seperti memakai masker dan sejadah. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like