PEMERINTAHAN

Jember Akhirnya Punya Perda APBD, Bupati Hendy Terharu

Foto: Paripurna pengesahan Perda APBD 2021 di DPRD Jember yang selesai jelang pergantian hari. (Foto: Humas DPRD Jember  )

Foto: Paripurna pengesahan Perda APBD 2021 di DPRD Jember yang selesai jelang pergantian hari. (Foto: Humas DPRD Jember  )

 

Selasa, 06 April 2021

 

Tunasnegeri.com  – Setelah dikebut selama sekitar sepekan terakhir, Jember akhirnya memiliki Perda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Perda tersebut disahkan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi yang dihadiri seluruh anggota DPRD Jember. Turut hadir pula, Bupati Jember, Hendy Siswanto, Wabup Muhammad Balya Firjaun Barlaman beserta seluruh jajaran Pemkab Jember.
Ini adalah pertama kalinya Jember memiliki APBD hasil kesepakatan eksekutif-legislatif. Perda APBD 2021 tersebut diketok Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi pada Senin (05/04) malam, sekitar pukul 23:20 WIB.

“Saya terharu dan bahagia sekali, semangat dari legislatif ini tidak disangka bisa memiliki kesungguhan dan keseriusan dalam membenagi Jember. Saya apresiasi kepada DPRD Jember,” ujar bupati Jember, Hendy Siswanto saat ditemui wartawan, pada Selasa (06/04/2021).

Melalui APBD 2021 itu, Hendy berharap roda perekonomian di Jember bisa kembali berputar. Sebab, sebelumnya, imbas tidak adanya Perda APBD selama 2 tahun berturut-turut di Jember, nyaris tidak ada proyek pembangunan yang berlangsung di Jember. Sebab, perkada APBD hanya bisa untuk belanja yang sifatnya terbatas, rutin dan mendesak.
“Anggaran ini memang fokus pada infrastruktur. Tetapi hanya di jalan dan jembatan sehingga belum mengcover secara keseluruhan. Ada pekerjaan infrastruktur pengairan dan pertanian. Kita punya DAM (saluran air pertanian) yang masih butuh perbaikan, insyaallah tahun depan akan kita sempurnakan,” ujar Hendy.

Rapat Paripurna DPRD Jember Untuk Penetapan Perda APBD 2021_Foto Istimewa Humas Setwan DPRD Jember (2)
Foto: Rapat Paripurna DPRD Jember Untuk Penetapan Perda APBD 2021 (Foto : Istimewa/ Humas Setwan DPRD Jember (2)

 

Sementara itu, Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi mengapresiasi kerja keras eksekutif yang selama beberapa hari terakhir kerja lembur mengejar target penyelesaian pembahasan APBD 2021. Tahapan pembahassan APBD 2021 itu –sesuai mekanisme- seharusnya sudah dimulai sejak akhir tahun lalu, namun baru bisa terlaksana setelah ada pergantian bupati. Karena itu, Itqon meminta seluruh jajaran Pemkab Jember bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan pembangunan selama beberapa bulan terakhir.

“Kita baru bergerak di bulan 4 dan disahkan pada bulan 5 (April). Karena itu saya minta kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerahh) dan camat agar semangat menyusun APBD ini tetap dipertahankan dalam realisasi anggaran,” ujar Itqon.
DPRD Jember berharap, semangat kerja keras jajaran Pemkab selama pembahasan APBD beberapa hari terakhir, bisa diteruskan pada realisasi pembelanjaan anggaran.

“Saya tahu betul, waktu input anggaran kemarin, mereka bekerja keras selama 36 jam non stop Saya ingin semangat itu dipertahankan, akselerasi dari bulan April sampai Desember itu berat,” pungkas Itqon.

 

Reporter: Arip Ripaldi

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like