PERISTIWA SOSIAL

Keberangkatan CJH 2021 Belum Jelas, Kemenag Jatim: Hanya Pemerintah Saudi Yang Tahu 

Foto:Kasie Haji Kantor Kemenag Jawa Timur Moh. Ersyad saat di Jember (Istimewa)

Foto:Kasie Haji Kantor Kemenag Jawa Timur Moh. Ersyad saat di Jember (Istimewa)

 

Tunasnegeri.com – Para Calon Jemaah Haji (CJH) asal Indonesia pada tahun 2021 ini  masih  harus bersabar. Sebab, Pemerintah Arab Saudi masih belum memberikan pemberitahuan resmi kepada Kementerian Agama (Kemenag RI) kapan jadwal mereka bisa berangkat ke tanah suci.

Hal itu disampaikan oleh Kasie Haji Kantor Kemenag Jawa Timur Moh. Ersyad. Saat hadir dalam acara Pengukuhan Pengurus DPD FK KBIHU Jember di Pendopo Wahya Wibawa Graha, pada Selasa (6/4) kemarin.

Dikonfirmasi usai acara, Ersyad menegaskan masih belum ada kejelasan apakah CJH 2021 asal Indonesia dapat melaksanakan ibadah Rukun Islam Kelima itu.

“Sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi baik dari pemerintah Saudi maupun dari pihak kementrian Agama Pusat. Tentu saja alasan pokoknya yang tahu adalah pemerintah Arab Saudi sendiri,” kata Ersyad saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Namun demikian, kata Ersyad, meskipun masih belum ada kejelasan. Khusus untuk Kemenag Jawa Timur, sudah melakukan berbagai langkah sebagai antisipasi jadwal keberangkatan yang mendadak.

Karena terkait belum jelasnya keberangkatan CJH 2021 asal Indonesia, ungkap Ersyad, terkait kondisi pandemi Covid-19. Yang saat ini masih dialami di seluruh dunia.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan daerah-daerah untuk pengkondisian calon jamaah jika informasi keberangkatan datang.

“Salah satu yang saat ini dikoordinasikan adalah teknis karantina yang akan diberlakukan kepada seluruh calon jamaah untuk memastikan bebas dari resiko Covid,” katanya.

“Sehingga peran pemerintah kabupaten/kota sangat kami harapkan terutama berkaitan dengan karantina. Karena kapasitas Ruangan yang ada diembarkasi Haji Sukolilo sangat terbatas,” sambungnya.

Akan tetapi, Ersyad menambahkan, Kemenag Jawa Timur sudah sudah melakukan penuntasan kebutuhan administrasi Calon Jamaah Haji yang direncanakan berangkat tahun ini.

Untuk administrasi yang dimaksud, termasuk diantaranya vaksinasi Covid-19 yang sudah diberikan.

Kementerian agama sebagai penyelenggara kegiatan haji, sambungnya, juga sudah melakukan scan terhadap Paspor setiap calon jemaah.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi jika informasi keberangkatan tiba-tiba datang sedangkan waktu sudah mepet.

“Prinsipnya sebagai pelaksana regulasi, kami sudah menyiapkan diri dan siap memberangkatkan calon jamaah haji tahun 2021 sesuai dengan kuota yang diberikan,” pungkasnya.

 

Reporter: Muhammad Faizin

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like