INTERNASIONAL

Kejutan, Bank Terbesar Rusia dan Dua Anak Vladimir Putin Dikenakan Sanksi Baru AS

Presiden Rusia Vlaimir Putin. (foto: Instagramn Valdimir putin).

Tunasnegeri.com – Pasca penyerangan yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina, berbagai sanksi di keluarkan oleh negara-negara barat.

Kali ini, Amerika Serikat (AS) menargetkan bank dan elit Rusia dengan babak baru sanksi pada Rabu, termasuk melarang orang Amerika berinvestasi di Rusia.

Hal itu dikarenakan sebagai tanggapan atas apa yang dikecam Presiden Joe Biden sebagai “kejahatan perang besar” oleh pasukan Rusia. Di Ukraina.

Sanksi baru menghantam Sberbank Rusia, yang memegang sepertiga dari total aset perbankan Rusia, dan Alfabank, lembaga keuangan terbesar keempat di negara itu, kata pejabat AS. Tetapi transaksi energi dikecualikan dari langkah-langkah terbaru, kata mereka.

Amerika Serikat juga memberikan sanksi kepada dua putri dewasa Presiden Rusia Vladimir Putin, istri dan putri Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, dan anggota senior dewan keamanan Rusia, kata para pejabat.

Dikutip dari Reuters.com pada Kamis, (7/4/2022), AS menargetkan putri-putri Putin karena yakin banyak aset “tersembunyi bersama anggota keluarga,” kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden.

Putri Putin Katerina Vladimirovna Tikhonova adalah seorang eksekutif teknologi yang pekerjaannya mendukung pemerintah Rusia dan industri pertahanannya, menurut rincian yang dirilis oleh Departemen Keuangan AS.

Putrinya yang lain, Maria Vladimirovna Vorontsova, “memimpin program yang didanai negara yang telah menerima miliaran dolar dari Kremlin untuk penelitian genetika dan secara pribadi diawasi oleh Putin,” kata Departemen Keuangan.

Dengan memotong bank-bank terbesar Rusia, Amerika Serikat “secara dramatis meningkatkan” kejutan keuangan di Rusia, kata seorang pejabat senior pemerintah kepada reutrs.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like