PERTANIAN

Kelompok Tani Diminta Berinovasi Bangkit di Masa Pandemi, Arum Sabil : Salah satu inovasi yang perlu dikembangkan adalah pembuatan rumah bibit.

Ilustrasi Rumah Bibit

Tunasnegeri.com – Arum Sabil mendorong kelompok tani berbasis desa yang tersebar cukup banyak di berbagai kota di Indonesia tersebut untuk bangkit di masa pandemi. Antara lain dengan melakukan berbagai inovasi meski lahan pertanian di kota besar terbatas.

“Kita tidak boleh berhenti berinovasi agar kegiatan kelompok tani tetap produktif sehingga pemberdayaan masyarakat pun juga tetap berjalan,” kata Wakil Ketua DPP HKTI tersebut.

Arum Sabil meninjau pusat riset benih dan bibit polije(Foto: Tunasnegeri.com)

Salah satu inovasi yang perlu dikembangkan oleh kelompok tani adalah pembuatan rumah bibit untuk memastikan rantai produksi tetap bisa berjalan dengan baik dan tidak hanya mengandalkan hasil saat panen saja, terutama ini dapat memperkaya khasanah pengetahuan para petani lain dan mengamankan stock bibit untuk di tanam di periode selanjutnya.

Biasanya, kelompok tani hanya mengandalkan pemasukan saat panen raya saja dengan berbagai jenis komoditas yang ada. Berbeda jika ada rumah bibit, maka kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan lebih berkesinambungan karena ada bibit yang bisa diperjualbelikan kepada kelompok tani lain atau masyarakat yang menanam di pekarangan rumahnya,” katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, hasil penjualan bibit tanaman tersebut bisa mendukung biaya operasional pertanian sembari menunggu hasil panen tanaman utama yang memang menjadi rutinitas.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like