PEMERINTAHAN PERISTIWA

Khofifah Apresiasi Relawan yang Bantu Korban Bencana Meski Sedang Puasa Ramadhan

Gubernur Khofifah mengapresiasi para relawan yang bekerja di awal bulan puasa. (Istimewa/ Pemprov Jatim)

Gubernur Khofifah mengapresiasi para relawan yang bekerja di awal bulan puasa. (Istimewa/ Pemprov Jatim)

 

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi para relawan yang membantu para korban gempa. Para relawan tersebut bekerja keras dan turun langsung dengan semangat, sekalipun dalam keadaan sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Hal ini disampaikan Khofifah saat berkunjung ke wilayah terdampak gempa di Kabupaten dan Kota Blitar, pada Rabu (14/4). Sehari sebelumnya, Khofifah juga meninjau beberapa lokasi terdampak gempa 6,1 SR di Kab. Malang dan Kab. Lumajang.

“Para relawan tetap semangat bekerja membantu korban sekalipun dalam keadaan berpuasa Ramadhan. Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kalian semua,” ujar Khofifah saat berkunjung pada Rabu (14/04).

 

Salah satu titik yang dikunjungi Khofifah adalah di Posko Dukungan Layanan Psikososial di Kota Blitar. Di sana, para relawan melakukan trauma healing atau trauma konseling kepada para korban terutama anak-anak. Menurutnya, trauma healing atau trauma konseling itu menjadi penting terutama bagi anak-anak agar tidak merasa trauma akibat bencana gempa kemarin.

Gubernur Khofifah meninjau rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa di Dusun Rembang, Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Kab. Blitar. (Istimewa/ Pemprov Jatim)
Gubernur Khofifah meninjau rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa di Dusun Rembang, Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Kab. Blitar. (Istimewa/ Pemprov Jatim)

 

 

 

“Oleh karena itu Psychosocial terapi ini menjadi penting. Format-format yang tadi teman-teman lihat itu juga dilakukan di Malang dan Lumajang. Saya sekaligus ingin mengajak relawan dari mana saja untuk ikut turun bergotong royong. Meskipun saat ini suasananya agak berat karena awal Ramadhan, saya mohon keguyuban dari seluruh elemen masyarakat Jawa Timur tetap seperti yang dulu meskipun kita berada pada bulan Ramadhan,” harap Khofifah.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga memberikan sejumlah bantuan langsung kepada para korban terdampak gempa. Bantuan yang diserahkan berupa 500 kg beras, lauk pauk 60 paket, Tambah Gizi 240 paket, terpal 50 lembar, selimut 100 pcs, mie instan 50 dus, masker kain 10 ribu pcs, tikar 100 lembar, dan sembako 200 paket. Di Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Kab. Blitar ini sendiri terdapat 32 rumah rusak, yang terdiri dari 6 rusak berat, 16 rusak sedang, dan 10 rusak ringan.

Selanjutnya, Khofifah langsung meninjau rumah-rumah warga yang rusak di Dusun Rembang, Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Kab. Blitar.  Khofifah juga meninjau tim peksos Dinsos Jatim yang sedang melakukan trauma healing. Tidak kurang dari dua puluh lima anak mengikuti program trauma healing. Sambil membagikan pajet buku dan alat tulis Khofifah berpesan agar anak- anak tetap rajin belajar.

 

Reporter: Muhammad Faizin

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like