PERISTIWA

Kwarda Gerakan Pramuka Jatim MoU Bersama Dubes RI Untuk Rumania

Dubes Amhar Azeth bersama Konhor Emil Sirbu saat berkunjung ke kantor Kwarda Jatim. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Setelah bertemu dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di gedung negara Grahadi, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rumania  M Amhar Azeth melanjutkan kunjungannya ke Kantor Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka (GP) Provinsi Jawa Timur.

Dalam kunjungan Dubes Indonesia untuk Rumania ini, langsung diterima oleh  Ketua Kwarda GP Prov. Jatim, HM  Arum Sabil dan seluruh jajaran Kwarda pramuka di Jalan Kertajajaya, Minggu (5/6/2022).

Dalam pertemuan tersebut Kwarda Gerakan Pramuka Jatim langsung melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) kerjasama dengan Dubes Rumania terkait Perkebunan, Pertanian dan peternakan.

Ketua Kwarda GP Prov. Jatim, HM  Arum Sabil mengatakan selamat datang kepada Dubes Indonesia untuk Rumania yang telah hadir dan berkunjung ke Kwarda Jatim.

“Kami laporkan ke pak dubes, tugas Pramuka Jatim bersama – sama menjaga, membangun dan merawat, baik dibidang kemanusian, sosial, ekonomi dan budaya. Dan tidak hanya itu di Kwarda Jatim ini juga mendorong kegiatan atau gerakan Pramuka produktif, sehingga generasi muda pramuka yang berpikir sebagai penemu dan pencipta teknologi. Maka itu kami berharap dengan kehadiran pak dubes ke Kwarda bisa membawa generasi pramuka untuk mengenal dunia khususnya di Eropa,” ujar Kak Arum, dalam rilis yang diterima dari Kominfo Jatim.

Dijelaskan Kak Arum, bangsa Indonesia ini banyak barang – barang Indonesia yang di impor ke luar negeri khususnya eropa yaitu mulai pangan, otomotif dan persenjataan. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada Dubes Indonesia untuk Rumania bisa memberikan bimbingannya untuk memberikan ilmu dan teknologi di Rumania bisa diajarkan ke para Pramuka Jatim. Sehingga misi Pramuka awal yaitu menciptakan generasi penemu dan pencipta bisa terwujud dengan baik.

Ia menambahkan, untuk pengiriman kader pramuka ke Rumania pihaknya akan terlebih dahulu melakukan pembicaraan bersama Kwarda Jatim dan Kwarcab se Jatim untuk memilih anak-anak muda yang berprestasi serta lancar berbahas Inggris, dan nanti disesuaikan dengan kebutuhan yang akan dikirim ke Rumania. Paling tidak tekankan keilmuan dan teknologinya di bidang agrobisnis, hingga teknologi weather modification.

Duta Besar Indonesia untuk Rumania, M Amhar Azeth mengatakan mengucapkan terima kasih kepada gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang telah mengizinkan pengusaha Rumania dan pengusaha, serta UMKM Kwartir Pramuka Jatim untuk melakukan kerjasama dan MoU tersebut.

“Komitmen dari kami akan membawa tim ahli atau pengusaha dari Rumania untuk melihat dan datang di Jatim apa yang bisa dikembangkan produk Jatim di Rumania. Prinsip selama ini hubungan bilateral Rumania dan Indonesia sudah baik. Maka itu teknologi dari Eropa yang ada di Rumania mulai perkebunan, pertanian dan peternakan akan kami berikan dan bawa untuk Jatim. Serta produk – produk Jatim akan kami bawa melalui pelabuhan Constanta terbesar kedua di eropa yang terletak di Rumania,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like