KOMUNITAS

Kwarda Pramuka Jatim Hidupkan Kembali Saka Taruna Bumi Setelah Mati Suri 13 Tahun

Kwarda Pramuka Jatim Hidupkan Kembali Saka Taruna Bumi Setelah Mati Suri 13 Tahun (Foto: Kwarda Jatim)

Tunasnegeri.com – Dalam rangka mewujudkan pramuka produktif, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, (Kwarda Pramuka Jatim) M. Arum Sabil melantik pengurus Saka Taruna Bumi Jawa Timur pada Sabtu (12/3/2022) di Bumi Perkemahan City Forest and Farm Jember.

Pelantikan digelar dengan khidmat di lapangan utama dengan latar belakang gedung putih megah City Forest and Farm Jember. Tempat yang disebut sebagai Pusat Pengembangan Saka Taruna Bumi Jawa Timur itu, memiliki keindahan alam yang dipenuhi tanaman hijau, bukit, dan persawahan.

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil mengatakan bahwa dengan dilantiknya pengurus Saka Taruna Bumi Jawa Timur, diharapkan dapat menjadi wadah pendidikan dan pembinaan untuk menyalurkan minat dan bakat penegak pandega di bidang pertanian.

“Sebelumnya, Saka Taruna Bumi tercatat kepengurusan terakhir pada tahun 2004-2009, setelah itu tidak aktif selama 13 tahun. Alhamdulillah, di tahun 2022 kita angkat bersama sebagai wadah adik-adik belajar di bidang pertanian,” ujar kak Arum.

Sosok pengusaha sukses di bidang pertanian itu menyampaikan bahwa generasi muda sudah sepatutnya dikenalkan dengan dunia agraris. Didukung wilayah Jawa Timur yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, bahkan dinobatkan sebagai lumbung pangan di Indonesia.

“Pembinaan dan pengembangan anggota Saka Taruna Bumi ini juga untuk mendidik pramuka agar mampu berperan menjadi penggerak ekonomi keluarga, sosial, maupun produktivitas penciptaan lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Langkah ini, imbuh kak Arum, akan mengarahkan anggota pramuka pada Job Creation, yang sesuai dengan rencana kerja lima tahun Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur yang terfokus pada Pramuka Produktif.

“Kami juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Ketua Mabisaka Taruna Bumi, dalam hal ini merupakan Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur yang telah mulai membangun Saka Taruna Bumi dengan luar biasa,” kata kak Arum.

Dalam kesempatan yang sama, kak Arum juga mengajak semua pramuka Jawa Timur untuk berkolaborasi dan saling bahu membahu untuk mewujudkan kebermanfaatan pramuka di tengah masyarakat.

“Mari saling berkolaborasi, bahu membahu untuk mewujudkan pramuka yang produktif dan memiliki dampak positif di masyarakat,” ajak kak Arum dalam pelantikan Saka Taruna Bumi, Kwarda Pramuka Jatim. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like