KESEHATAN

Langkah Sigap Pemprov Jatim Atasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan

Tunasnegeri.com – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur atasi lonjakan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Salah satu langkah yang sudah dilakukan dengan mendirikan ruang transit karantina sementara di gedung BPWS kaki Suramadu Bangkalan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagram pribadinya hari ini (07 Juni 2021)

“Usai IGD RSUD Rato Ebu Bangkalan dinyatakan ditutup dan kemarin sore sudah dibuka kembali akibat lonjakan kasus Covid-19, Pemprov Jatim bergerak cepat dengan mendirikan ruang transit karantina sementara di gedung BPWS kaki Suramadu Bangkalan.” kata Khofifah.

Ruang transit karantina tersebut merupakan ruangan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang terkonfirmasi swap antigen positif sebelum dilakukan Swab PCR.

“Fasilitas ini diperuntukkan bagi mereka yang terkonfirmasi swab antigen positif. Selanjutnya, akan dilakukan tes Swab PCR dimana jika dinyatakan positif akan langsung dirujuk ke RS Darurat Lapangan dan enam rujukan lainnya di Surabaya.” tambahnya.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Timur juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan bed tambahan di RSUD Rato Ebu Bangkalan untuk merawat pasien Covid-19.

“Khusus untuk RSUD Rato Ebu Bangkalan, Pemprov mempersiapkan penambahan bed perawatan pasien covid-19 guna relaksasi rumah sakit di Bangkalan, yang kini memang angka huniannya sudah cukup tinggi.” jelasnya

Tak hanya kebutuhan bed rumah sakit yang ditambah, kebutuhan lain seperti HFNC, ventilator, serta beberapa jenis obat juga sudah dikomunikasikan dengan Kementerian Kesehatan.

“Kebutuhan akan HFNC, ventilator, serta beberapa jenis obat juga langsung dikomunikasikan dengan Kementerian Kesehatan.” kata Khofifah.

Untuk lebih memudahkan mobilitas Tes PCF ke titik-titik yang menjadi episentrum lonjakan kasus covid-19 Pemprov Jatim juga mengirimkan Mobil PCR Test ke Kabupaten Bangkalan.

“Mobil PCR test dari Pemprov Jatim juga sudah dikirimkan ke Kabupaten Bangkalan untuk memasifkan testing di titik-titik yang memang menjadi episentrum lonjakan kasus covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Mohon kerjasama seluruh masyarakat. Semoga semua berjalan lancar” pungkasnya.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like