PEMERINTAHAN

Lantik Kamabicab, LPK dan Kwarcab Jember, Kwarda Jatim Tegaskan Akan Fokus pada Budidaya Peternakan, Pertanian dan Perkebunan

Tunasnegeri.com-Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, H.M Arum Sabil melantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jember 2021, di Pendapa Wahyawibawagraha, pada Kamis (30/12/2021).

Dalam sambutanya, Kak Arum, sapaan akrabnya, menyampaikan Salam ucapan Selamat dan Ungkapan Terimakasih dari Gubernur Jawa Timur selaku Kamabida atas kerjasamanya dalam Penanggulangan wabah covid 19 di Jember.

“Gubernur jatim juga berpesan agar Pramuka Menjadi Motor penggerak Pramuka Produktif di bidang Pertanian Peternakan dan perkebunan,” ujarnya.

Selain itu, Kak Arum mengungkapkan bahwa gerakan pramuka merupakan gerakan pendidikan kepramukaan Indonesia yang terbuka untuk semua anak Indonesia.

“Gerakan pramuka bertujuan untuk penguatan karakter, pembangunan kebangsaan, dan penciptaan kecakapan hidup,” sambung Kak Arum.

Menurut Kak Arum, gerakan pramuka memiliki tujuan sangat mulia, oleh karena itu harus dikelola dengan baik dan profesional serta melibatkan semua pihak untuk mengantarkan kaum muda Indonesia menjadi generasi yang lebih baik.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timu H.M Arum Sabil saat melantik Kamabicab, LPK Dan Kwarcab Jember. (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia).

Kak Arum mengatakan bahwa tentu dia sangat yakin dan percaya di kabupaten Jember seluruh anggota Mabicab yang telah dilantik akan berkomitmen untuk menjalankan tugas dalam rangka memberikan bantuan ketersediaan tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan di Kabupaten Jember.

Lebih jauh, Kak Arum menegaskan bahwa Kwarda Jatim, selama lima tahun ke depan akan fokus membangun jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut terlibat aktif dalam pembangunan ketahanan pangan nasional.

“Melalui kegiatan pramuka produktif, Kwarda Jatim akan mengajak seluruh Kwarcab se Jatim untuk ambil bagian dalam membangun pramuka yang fokus pada budidaya peternakan, pertanian dan perkebunan,” katanya.

“Dengan harapan, pramuka produktif akan mampuh membangkitkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan bahwa gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dan dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa.

“Tujuan mulia pendidikan kepramukaan adalah untuk membentuk kepribadian yang beriman. bertakwa berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti,” kata Hendy yang juga sebagai Ketua Mabicab Jember.

Hendy mengatakan bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran gerakan pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat”.

“Untuk itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan pelatihan, serta pemberdayaan. Kwartir Cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan,” pungkasnya. (*).

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like