NASIONAL PERISTIWA

Lantik Kwarcab dan LPK Sampang, Ketua Kwarda Jatim Harapkan Ketua Kwarcab Mampu Ciptakan Generasi Muda, Unggul, dan Berkarakter

Ketua Kwarda Jatim HM Arum Sabil saat melantik Kwarcab Sampang. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil, melantik H Abdullah Hidayat sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sampang, masa bakti 2022-2027 di Pendopo Trunojoyo Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Selasa (31/5/2022) siang.

Selain Kwarcab, Ketua Kwarda Jatim juga melantik Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sampang.

Gelaran pelantikan tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Sampang H Slamet Junaidi, Komandan Kodim 0828 Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto SE MHan, Kapolres Sampang AKBP Arman SIK, MSi, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiyawan SSos MM.

Di awal sambutannya, HM Arum Sabil atau akrab disapa Kak Arum berharap kepada Ketua Kwarcab Sampang yang baru dilantik agar pengabdiannya mampu membawa gerakan Pramuka Sampang menjadi wadah pembinaan generasi muda, generasi yang unggul, dan berkarakter. Sehingga, mampu mengantarkan kaum muda menjadi pemimpin bangsa Indonesia yang berkualitas.

Kak Arum turut menyampaikan apresiasi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Jatim kepada Pemkab Sampang atas prestasinya yang telah bekerjasama menanggulangi untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19 dimana Sampang masuk kedalam 10 besar penanganan Covid-19.

Kak Arum bangga atas hadirnya seluruh Ketua Kwarcab Madura yakni Sampang, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

“Kekuatan silaturahmi inilah yang memberikan semangat dan motivasi kita untuk bagaimana membangkitkan Pramuka di Pulau Madura. Sampang adalah motor penggerak pemersatu Pramuka dari pulau garam ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kak Arum menegaskan beberapa poin penting terkait apa yang akan dilakukan oleh Kwarda Gerakan Pramuka dalam 5 tahun kedepan, yaitu dengan Pramuka Produktif. Hal tersebut tentunya mencakup seluruh bidang, namun salah satunya akan terfokus pada bidang pangan dan energi.

“Pramuka Produktif dipilih sebagai suatu kegiatan khusus dan prioritas utama di bidang pangan dan energi karena persoalan bangsa kedepan yang paling serius bukanlah wabah Covid-19, namun masalah pangan dan energi,” terang Kak Arum.

Data Kementerian Pertanian menyebutkan bahwa luas areal pertanian di Indonesia 15 tahun lalu masih 12-13 juta hektar, sedangkan hari ini sekitar 7,4 juta hektar.

Menurut Kak Arum, hal tersebut lah yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Sebab, dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan juga terus meningkat, sementara itu lahan pertanian semakin sempit.

“Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi di bidang pertanian. Pertanian dinilai memiliki multiplayer effects yang luas,” paparnya.

Menurutnya, bergerak di bidang pertanian tidak harus memiliki sawah, namun dibutuhkan seperti sarana produksi serta anak-anak muda yang menjadi pencipta dan penemu dengan pemikiran yang inovatif. Hal tersebut tentunya akan mendukung bagaimana pertanian nantinya memiliki daya saing.

“Tidak hanya produksi yang melimpah, tapi juga harus memiliki kualitas. Inilah mengapa Pramuka Produktif harus digalakkan,” lanjut Kak Arum.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat selaku Ketua Kwarcab Sampang, dalam sambutanya mengajak seluruh pengurus yang baru ini untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Di Kabupaten Sampang ini ada Pramuka, dengan adanta kepengurusan yang baru ini, kita siap melaksanakan tugas dengan baik, melaksanakan perintah Kwarda Jatim, melaksanakan kegiatan-kegiatan di Jatim, dan mengantarkan adik-adik kita untuk mensukseskan Pramuka di Kabupaten Sampang,” tegas Kak Hidayat.

Kak Hidayat mengutarakan bahwa Kwarcab membutuhkan uluran tangan untuk mensukseskan semua program yang akan di realisasikan.

Menurutnya, jika tidak ditopang dan dibantu dengan anggaran yang cukup, program yang sudah tersusun tidak akan bisa berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah kita sudah melakukan dan ikut serta dalam kegiatan yang diperintahkan oleh Kwarda Jatim. Terakhir kemarin, saya mengantarkan adik-adik kita untuk ke Lumajang untuk membantu membangun huntara. Alhamdulillah adik adik kita dengan semangat 6 hari di Lumajang dan datang lagi ke Sampang dalam keadaan selamat,” ujarnya.

Lebih jauh, Kak Hidayat menjelaskan bahwa di tahun 2023 Kwarcab Sampang akan melaksanakan kegiatan-kegiatan diantaranya paling besar adalah melaksanakan kemah akbar di bumi Kabupaten Sampang.

Senada, Bupati Sampang H Slamet Junaidi Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Sampang mengatakan bahwa sebagai kepala daerah kabupaten Sampang mengapresiasi kegiatan Pramuka.

“Kami akan mendukung apa yang menjadi keinginan dan tujuan dari pembentukan Pramuka hari ini,” tegas Kak Slamet.

Kak Slamet juga mengatakan jika program-program yang digagas oleh Kwarcab Sampang terjadi kekurangan dana, maka ia akan memberikan perubahan, bahkan tambahan.

“Saya jamin anggaran untuk pramuka tidak akan kekurangan. Tentunya dari anggaran yang ada, saya minta pertanggungjawaban yang detail. Saya tidak ingin ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like