PERISTIWA

Lantik Mabicab, Kwarcab, dan LPK Ngawi, HM Arum Sabil Fokus Kembangkan Pramuka Produktif

Ketua Kwarda Jatim HM Arum Sabil, saat melantik Mabicab, Kwarcab, dan LPK Ngawi. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil, melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ngawi, di Pendopo Wedya Graha, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada Rabu (25/5/2022), malam.

Gelaran pelantikan tersebut dihadiri secara langsung oleh Komandan Kodim 0805 Ngawi Letkol Inf Adi Wirawan, Kepala Kejaksaan Negeri Ngawi Budi Raharjo, dan Danyonarmed 12 Angicipi Yudha Ngawi Letkol Arm Didik Kurniawan, serta Sekda Kabupaten Ngawi drs Mokh Sodiq Triwidiyanto.

Di awal sambutannya, HM Arum Sabil atau akrab disapa Kak Arum menyampaikan salam, apresiasi, dan terima kasih Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Khofifah Indar Parawansa kepada seluruh keluarga besar pemerintah daerah Kabupaten Ngawi.

Hal tersebut dikarenakan Ngawi merupakan salah satu kabupaten terbaik dalam menangani pandemi Covid-19. Tercatat bahwa Kabupaten Ngawi telah mencapai jumlah vaksinasi masyarakatnya diatas 70 persen. Bahkan mampu mempertahankan level PPKM terbaik, yakni pernah mencapai level satu dan saat ini berada di level dua.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat Kabupaten Ngawi nantinya akan jadi percontohan kabupaten lainnya di daerah Jawa Timur bagian barat,” paparnya.

Kak Arum turut mengutarakan rasa bangganya kepada Bupati Ngawi yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Ony Anwar Harsono dan pemerintah daerah Kabupaten Ngawi atas adanya exit tol yang berada tidak jauh dari Pendapa Kabupaten Ngawi.

Sebab, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran pemimpin terhadap para penentu kebijakan. Selain itu, adanya exit tol yang menghubungkan antar provinsi tersebut merupakan sebuah peradaban pembangunan ekonomi, pengembangan budaya, dan pembangunan pendidikan.

Lebih jauh, Kak Arum juga mengutarakan bahwa Pramuka merupakan gerakan pendidikan kepramukaan Indonesia yang terbuka untuk semua anak Indonesia.

“Gerakan Pramuka bertujuan untuk penguatan karakter, pembangunan kebangsaan, dan penciptaan kecakapan hidup. Gerakan pramuka yang memiliki tujuan sangat mulia, harus dikelola dengan baik dan profesional serta melibatkan semua pihak untuk mengantarkan kaum muda Indonesia menjadi generasi yang lebih baik,” tutur pria yang akrab disapa Kak Arum.

Selain itu, Kak Arum juga mengatakan bahwa Kwarda Jatim selama lima tahun ke depan akan fokus membangun jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut terlibat aktif dalam pembangunan ketahanan pangan nasional dengan tagline Pramuka Produktif.

Melalui kegiatan Pramuka Produktif, lanjut Kak Arum, Kwarda Jatim akan mengajak seluruh Kwarcab se-Jawa Timur, untuk ambil bagian dalam mengembangkan kegiatan Pramuka Produktif yang terfokus pada dua hal, yakni pangan dan energi terbarukan.

Menurutnya, masalah pangan erat kaitannya dengan pertanian. Dunia pertanian dan peternakan memiliki multiplayer effect yang positif dan sangat luas bagi segala pihak kepada dunia usaha yang lain. Dengan lahan pertanian yang semakin sedikit, maka yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produktivitas pertanian. Karena, itu merupakan kunci untuk memiliki daya saing.

Bercermin dari dampak konflik yang terjadi pada Rusia dengan Ukraina yang berujung adanya hambatan dalam akses perdagangan ekspor bahan pangan, Kak Arum menegaskan bahwa dampak dari ketergantungan dapat mengancam kesejahteraan suatu bangsa.

“Ketergantungan adalah kerapuhan dan kemandirian adalah bentuk kekuatan. Peperangan, bencana alam, dan pertumbuhan penduduk harus diantisipasi bersama. Kita harus siap mendorong anak-anak muda melalui Pramuka untuk berperan aktif menjadi Pramuka produktif,” pungkas Kak Arum.

Sementara itu, Kamabicab sekaligus Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan gerakan Pramuka di Kabupaten Ngawi sudah sangat luar biasa. Namun, hingga saat ini belum memiliki kantor.

“Meskipun gerakan Pramuka Kabupaten Ngawi ini sudah sangat luar biasa, tapi sampai detik ini kami masih belum punya kantor,” ungkapnya dengan tersenyum.

Kak Ony, sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa sejak menjadi Ketua Kwarcab, dia ingin punya kantor yang resentatif, yang punya gedung, bisa untuk kegiatan kepramukaan, rapat, pembinaan, dan lain sebagainya.

“Secara anggaran sudah masuk di tahun 2019, kemudian mulai kita susun detail engineering desainnya. Namun, pada tahun 2020 saat akan pembangunan, terjadi pandemi covid, sehingga harus ditunda. Begitu pula pada 2021,” katanya.

Lebih jauh, Kak Ony memaparkan jika lahannya sendiri saat ini telah disiapkan. Lokasinya yaitu berada di taman kota sekitaran ringroad.

“Itu nantinya berada di Taman Pemuda Soekarno, di dalamnya juga termasuk kantor gerakan pramuka dan kantor organisasi-organisasi kepemudaan. Jadi, untuk sementara masih gabung di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Meskipun kecil yang penting kegiatan sudah luar biasa,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like