PENDIDIKAN

Manfaat dan Keistimewaan Pohon Kelapa, Ini Kata Ketua Kwarda Jatim

Tren Indeks Pembangunan Manusia Jawa Timur Meningkat pada 2020, Arum Sabil : Anggota Pramuka Menjadi Sarana yang Ideal

HM Arum Sabil Kwarda Pramuka Jawa Timur. (Foto: dok Tunas negeri).

Tunasnegeri.com – Pohon Kelapa, tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir.

Pernahkah kalian mengonsumsi buah kelapa? Nikmatnya buah dan air kelapa adalah salah satu manfaat dari pohon kelapa yang bisa di rasakan.

Ada beragam manfaat dari pohon kelapa yang dapat kita rasakan mulai dari pohon, daun, bahkan akar dan buah.

HM Arum sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengungkapkan beberapa manfaat dan keistimewaan pohon kelapa.

“Mulai dari daun kelapa, kita dapat memanfaatkannya untuk membuat ketupat. Selain itu juga bisa digunakan untuk membuat sapu lidi,” kata pria yang Akrab di sapa Abah Arum ini, pada Rabu (23/3/2022).

Untuk daging buahnya, sambung Abah Arum, baik kelapa tua maupun muda tetaplah bermanfaat. Kelapa muda dapat dijadikan masakan ataupun langsung konsumsi. Sedangkan daging kelapa tua biasanya digunakan untuk membuat santan kelapa yang kemudian dijadikan bahan pembuatan olahan makanan lainnya.

Kemudian, kelapa yang akan menjadi bibit kelapa disebut tunas kelapa. Batang kelapa sendiri dapat dibuat sebagai bahan baku bangunan, membuat interior, bahkan perkakas rumah. Selebihnya, akar kelapa pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan.

Lebih jauh, Abah Arum yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina APTRI dan Ketua Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur ini menjelaskan keistimewaan pohon kelapa sehingga dijadikan lambang gerakan Pramuka.

“Pertama, kelapa ini dapat bertahan lama dan selalu kuat dalam berbagai keadaan/kondisi. Artinya, anggota pramuka adalah seprang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet,” kata Abah Arum.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pramuka harus selalu sehat dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan, kemudian buah kelapa juga dapat tumbuh dimana saja, artinya anggota pramuka harus dapat menyesuaikan dengan keadaan di sekelilingnya.

Yang kedua, pohon kelapa ini menjulang tinggi keatas dan pohon kelapa adalah salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Artinya, anggota pramuka harus mempunyai cita-cita yang tinggi serta berpendirian teguh.

“Pohon kelapa juga tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Artinya, anggota pramuka memiliki tekad yang kuat. Seorang anggota pramuka harus berpegang kuat pada landasan yang baik,” imbuhnya.

Selain itu, kelapa sebagai pohon yang serbaguna mulai dari ujung daun hingga akarnya menandakan bahwa pohon kelapa penuh dengan manfaat. Artinya, anggota pramuka adalah manusia yang berguna.

“Anggota pramuka berguna untuk tanah air, anggota pramuka berguna untuk bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia anggota pramuka berguna untuk manusia,” pungkasnya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like