PEMERINTAHAN

Mas Bupati Tuban Dilantik, Ini Pesan Ketua Kwarda Jatim

Prosesi pelantikan Bupati Tuban menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban di Pendopo Krida Manunggal, oleh Ketua Kwarda Jawa Timur Arum Sabil.

Tunasnegeri.com – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban bersama seluruh Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban masa bakti 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di Pendopo Krida Manunggal, oleh Ketua Kwarda Jawa Timur Arum Sabil.Jum’at, 24/12/2021.

Dalam arahannya, Bupati Tuban sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus MABICAB, Pengurus Kwarcab, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban masa bakti 2021-2026. Mas Lindra berharap, pengurus baru bisa aktif merespon positif seluruh program dan kegiatan pramuka, meningkatkan SDM, materi pendidikan, sistem pembinaan hingga manajemen organisasi. Lebih dari itu, Mas Bupati juga berharap ada sinergi nyata antara pramuka dengan Pemkab Tuban dalam membangun serta mewujudkan visi-misi Pemerintah Kabupaten Tuban kedepannya.

Lebih lanjut, Mas Bupati mengungkapkan, Pramuka secara nyata dapat mencetak generasi muda yang cinta tanah air, berkarakter, unggul, tangguh , penuh daya inovatif, dan mandiri. Untuk itu, Mas Lindra meminta agar Kepala Dinas terkait memberikan dukungan secara optimal kepada gerakan pramuka. Selain itu, pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwarir Ranting agar bersama berjuang memberikan dukungan di daerah masing- masing.

Sementara itu, Ketua Kwarda Jawa Timur Kak Arum Sabil dalam sambutannya mengatakan, gerakan pramuka memiliki tujuan sangat mulia dan harus dikelola dengan baik dan profesional. Salah satu untus penting dalam gerakan pramuka adalah majelis pembimbing, dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Untuk itu, menurut AD ART Pasal 54 ayat 6, dimana MABICAB diketuai oleh Kepala Daerah, dan Majelis Pembimbing harus memiliki komitmen tinggi terhadap gerakan pramuka. “Saya percaya kakak-kakak akan berkomitmen dan menjalankan tugas. Memberi tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan di Kabupaten Tuban,” harapnya.

Kak Arum Sabil juga mengungkapkan, jika dalam lima tahun kedepan, Kwarda Jatim akan berfokus pada pembangunan jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut terlibat dalam kepembangunan ketahanan pangan nasional. Untuk itu, melalui kegiatan pramuka yang produktif Kwarda Jatim mengajak seluruh Kwartir Cabang Jatim untuk ambil bagian dalam pengembangan kegiatan pramuka produktif yang fokus pada budidaya peternakan, pertanian dan perkebunan. Tak hanya itu, ia juga mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan bersinergi dengan program pemerintah, terutama untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi. Lebih dari itu, pramuka dibentuk untuk membentuk generasi unggul. “Gerakan ini melibatkan semua pihak untuk mengantarkan kaum muda Indonesia menjadi generasi yang lebih baik dan siap memiliki mental wirausaha untuk mengisi pembangunan Jawa Timur di masa depan ,” ujar Ketua Kwarda Jatim.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like