GAYA HIDUP KESEHATAN OLAHRAGA TIPS

Mengenal 8 Gaya Inti Dari Wushu, Salah Satunya Long Fist

 

 

TunasNegeri.com – Apa itu wushu? Beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai olahraga bela diri di dunia modern. Namun, terjemahan literal dari kata Cina menunjukkan bahwa “wu” berarti militer dan “shu” berarti seni.

 

Dalam pengertian itu, Wushu adalah bentuk seni bela diri Tiongkok kontemporer yang memadukan unsur pertunjukan dan aplikasi bela diri. Pelatihan wushu menekankan kecepatan, kekuatan pukulan, dan gerakan alami yang santai.

 

Pada umumnya, praktisi wushu harus menggabungkan fleksibilitas dengan kekuatan, kecepatan dengan teknik tanpa cela, niat yang kuat dengan eksekusi yang mudah.

 

Wushu dibagi menjadi gaya permainan tangan kosong dan senjata, di mana berbagai senjata wushu dikelompokkan menjadi senjata jarak jauh, jarak pendek, fleksibel, dan ganda.

 

Biasanya, seorang siswa akan mengkhususkan diri dalam satu gaya masing-masing dari tangan kosong, senjata pendek, dan senjata panjang.

 

Seperti yang dilansir Tunasnegeri.com dari Harvard Wushu, inilah 8 gaya inti dari wushu.

 

  1. Long Fist

 

Seperti namanya, longfist ditandai dengan serangan di ujung jangkauan seseorang. Untuk melakukan serangan jarak jauh ini, harus tetap santai dan diperpanjang dalam gerakan dan postur tubuh.

 

Gerakan longfist cepat, gesit, dan ritmis, diselingi oleh teknik melompat yang eksplosif dan spektakuler. Kekuatan ditampilkan dengan jelas di setiap gerakan, tetapi ditempa dengan keanggunan dan keluwesan.

 

  1. Southern Fist

 

Tinju selatan ditandai dengan serangan tangan yang kuat yang dibangun di atas pendirian yang kokoh. Petinju Selatan bertarung dengan niat yang ganas, terkadang menggunakan teriakan untuk menghasilkan kekuatan tambahan dan membangkitkan semangat.

 

Gerak kaki rendah, cepat, dan kencang, menciptakan fondasi yang stabil untuk tahan cuaca atau mengirimkan serangan.

 

  1. Bermain Staf

 

Dalam seni bela diri Tiongkok, tongkat dikenal sebagai ‘Bapak dari semua Senjata,’ dinamai demikian karena banyak teknik yang digunakan dalam gaya senjata lain berasal dari teknik tongkat.

 

Staf dibangun dengan sedikit lancip, ujung bawah lebih tebal dari ujungnya, dan berdiri setinggi praktisi.

 

  1. Broad Swkrd Play

 

Pedang dikenal sebagai ‘Marsekal dari semua Senjata,’ karena itu adalah persenjataan standar prajurit di Tiongkok abad pertengahan.

 

Pedang dipegang dengan satu tangan pedang ini memiliki bilah yang lebar dan melengkung dengan satu ujung tajam. Bendera sutra terkadang dipasang di gagang pedang.

 

  1. Sword Play

 

Pedang lurus, dikenal sebagai “Gentleman of all Weapons”. Seperti Broad Swkrd Play, pedang lurus adalah senjata satu tangan.

 

Pedang memiliki bilah tipis dan lurus dengan dua ujung tajam dan garis tengah yang menopang bilah, dan ujung bilah memanjang ke telinga saat pedang dipegang di samping.

 

  1. Spear Play

 

Tombak ini dikenal sebagai ‘Raja dari semua Senjata’, karena panjangnya jauh melebihi senjata lainnya sementara bilah tajamnya memberikan kekuatan membunuh.

 

Tombak adalah senjata yang paling panjang, membentang dari lantai sampai ujung jari tangan praktisi yang terangkat. Seperti tongkat, batang tombak itu meruncing dan dibuat dari kayu semi-fleksibel. Kepala tombak adalah biasanya logam berbentuk berlian yang ditempelkan pada ujung dan bulu kuda yang terpasang biasanya dipasang tepat di bawah mata pisau.

 

  1. Southern Broad Sword Play

 

Pedang Selatan adalah pisau lebar bermata satu yang memanjang dari tangan ke telinga saat dipegang di samping. Pedang Selatan mudah dibedakan dari versi Utara dengan bilahnya yang tidak melengkung, pelindung berbentuk S, dan pegangan yang lebih panjang, yang berakhir dengan cincin di gagang.

 

Gagang yang diperpanjang ini memungkinkan pedang untuk dipegang dengan kedua tangan pada waktu tertentu, dan dalam teknik tertentu pedang bahkan digunakan dengan genggaman terbalik.

 

  1. Tongkat Selatan

 

Seperti tongkat Utara, tongkat Selatan adalah batang kayu semi-fleksibel yang meruncing yang berdiri setinggi tongkat pemain. (*)

 

Reporter: Arip Ripaldi

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like