KOMUNITAS

Mengenal Lebih Dekat Rumah Seni Kalisat Jember

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Rumah Seni Kalisat (Foto: Rumah Seni Kalisat for Tunas Negeri)

JEMBER – Jember seakan-akan tidak pernah kehabisan talenta di bidang seni. Kota ini sudah seperti menjadi surga para penikmat seni, mengingat nama Jember Fashion Carnaval sendiri sudah besar.

Bahkan tidak hanya Jember Fashion Carnaval saja, Jember juga memiliki komunitas seni yang digerakkan oleh generasi muda yaitu Rumah Seni Kalisat.

Rumah Seni Kalisat ini sendiri didirikan pada 18 Juli 2012 yang saat ini diketuai oleh Muhammad Alfindo.

Rumah Seni Kalisat sendiri memiliki anggota keseluruhan sekitar 40 orang yang mayoritas berisikan anak-anak remaja.

Tujuan didirikannya Rumah Seni Kalisat sendiri sebagai wadah bagi para pelaku seni baik yang sudah mahir maupun yang masih ingin belajar.

“Rumah Seni Kalisat ini sebagai wadah teman teman yang sudah mahir maupun masih belajar bidang seni seperti musik, tari, dan lainnya,” ujar Fauzhan, salah satu anggota Rumah Seni Kalisat, Jumat (12/3/2021).

Kegiatan dari Rumah Seni Kalisat tentunya melatih kemampuan para anggota sesuai pada bidangnya masing-masing, dengan tujuan mampu tampil di pertunjukan tahunan nantinya.

Selain berlatih dalam bidang yang ada di seni, Rumah Seni Kalisat kerap juga melakukan acara perayaan di hari besar nasional seperti hari kemerdekaan, bagi-bagi takjil saat bulan Ramadhan.

Aliran seni yang ada di Rumah Seni Kalisat sendiri beragam dan tidak ada batasan.

Mulai dari seni musik, tari, lukis, bahkan sekedar hobi fotografi juga sering dilakukan.

“Pendalaman bidang seni di sini tidak ada batasan, ya seperti contohnya ada fotografi, bahkan musik tradisional seperti musik patrol pernah kami tampilkan juga dalam pertunjukan,” ujar Fauzhan.

Rumah Seni Kalisat saat ini disayangkan vakum dari acara dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

“Harapannya semoga komunitas Rumah Seni Kalisat ini bisa kembali menghibur rakyat Jember lewat penampilan karya karya khususnya di daerah Kalisat,” tutupnya. (*)

Pewarta: Zeinel Arfin Sadiq

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like