TIPS

Mengenal Lumut Laut, Tanaman Kaya Manfaat yang Jarang Diketahui

Ilustrasi lumut laut (foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Laut adalah sumber bahan-bahan alami yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Salah satunya yang masih jarang diketahui adalah lumut laut. Lumut laut atau dikenal sebagai lumut Irlandia ini sering dijumpai ketika kita berada di laut yang penuh bebatuan. Lumut laut menjadi jenis rumput laut yang tumbuh dan menempel diantara bebatuan yang terendam di lepas pantai.

Tanaman ini biasanya dipanen dengan cara ditarik ketika air laut surut. Lumut laut yang sudah terkumpul akan dikeringkan terlebih dahulu. Lumut laut memiliki banyak kegunaan, yaitu untuk keperluan kuliner, pengobatan, produk skincare, bahkan juga bisa dikonsumsi sebagai suplemen.

HM Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis, Perkebunan, dan Peternakan menjelaskan bahwa lumut laut memiliki bergam manfaat bagi kesehatan manusia.

Menurutnya, brdasarkan penelitian lumut laut ini bisa mempercepat penurunan berat badan karena lumut laut memiliki protein. Selain itu, lumut laut juga rendah kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan.

“Serat yang larut dalam tubuh bisa meningkatkan perasaan kenyang bagi yang memakannya”, tutur pria yang akrab disapa Abah Arum kepada Tunasnegeri.com, pada Kamis, (14/6/2022).

Selain itu, ia mengutarakan bahwa lumut laut bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Karena, lumut laut dapat melindungi dari polusi udara yang merupakan salah satu radikal bebas yang membuat kulit cepat rusak. Oleh karena itu, tubuh memerlukan antioksidan agar terlindungi dari kerusakan.

Ia juga menjelaskan bahwa lumut laut bisa menjadi antibiotik untuk mengobati luka dan menghentikan luka. Bahkan lumut daun juga dipakai saat masa perang dunia dimana pada zaman dulu, lumut dipakai untuk pengobatan tentara yang terluka.

“Ini merupakan terobosan baru yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif masa kini,” ujarnya.

Konsumsi lumut laut juga dikaitkan dengan manfaatnya untuk kekebalan tubuh. Makanan akan kaya serat seperti lumut laut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Lumut laut juga dapat membantu menstabilkan tingkat kelembaban di dalam ruangan sekitar 40 sampai 60 persen. Hal tersebut adalah salah satu manfaat lumut laut yang cukup menarik untuk manusia.

Selain itu, lumut laut bisa digunakan sebagai ‘penangkal’ virus di udara seperti influenza yang dapat dengan mudah menyebar ketika kelembaban turun di bawah 10 gr/m3. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like