PENDIDIKAN

Mengenal SIPA Pramuka Jatim

Aplikasi SIPA Pramuka Jatim, ini menjadi rujukan basis data terupdate yang memiliki tingkat akurasi pendataan anggota Pramuka se-Jatim. (Foto Rullly Efendi for Tunasnegeri)

Tunasnegeri.com – SIPA, akronim Sistem Informasi Pengelolaan Anggota. Sebuah aplikasi berbasis IT, gagasan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur. Berbagai informasi kepramukaan Jatim, tersaji lengkap di sistem gagasan Arek Jawa Timuran tersebut.

Mengaksesnya cukup mudah. Tinggal klik di tombol pencarian Google : SIPA Pramuka Jatim, kita langsung terintegrasi di laman www.sipapramukajatim.or.id

Berbagai data keanggotaan Gerakan Pramuka Jawa Timur, tersaji lengkap di sana. Seperti Kwartir Cabang se Jatim yang berjumlah 38. Sejumlah 668 Kwartir Ranting. Sebanyak 62.748 Gugus Depan. Kemudian total 2.645.116 anggota Pramuka se-Jatim.

Pun demikian dengan klasifikasi tentang demografinya. Terdapat 1.328.800 anggota Pramuka berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan untuk anggota Pramuka Puteri, tercatat 1.316.282 orang se-Jatim.

Kemudian tentang golongan kepramukaan. Golongan Siaga 821.722 anggota. Penggalang 1.291.274 anggota. Penegak 395.269 anggota. Golongan Pandega 11.029 anggota. Sehingga saat ditotal keseluruhan anggota muda Pramuka Kwarda Jatim, tercatat ada 2.519.294 orang.

H.M Arum Sabil, Ketua Kwarda Jatim, saat diwawancarai di Kantor Pramuka Jatim di Surabaya, menjelaskan bahwa aplikasi pendataan anggota Pramuka Jatim, itu dinilai penting untuk pengambilan kebijakan berbasis data.

Dia memastikan, data yang terdapat di SIPA Pramuka Jatim, memiliki akurasi karena data yang disajikan selalu ter-update. “Kepala daerah seperti bupati dan walikota, secara ex officio menjadi Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab di masing-masing daerahnya. Kwarda Jatim, membantu suplai data dari SIPA Pramuka Jatim, untuk arah kebijakan masing-masing Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka,” beber Arum Sabil.

Sehingga diyakininya, data online keanggotaan Pramuka produk Kwarda Pramuka Jatim, bisa menjadi pijakan obyektif pengambil keputusan, untuk menjaga marwah dan eksistensi Gerakan Pramuka di Jawa Timur, seperti yang telah diamanahkan Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (rully efendi)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like