KESEHATAN TIPS

Mitos atau Fakta, Air Kelapa Bantu Tangkal Covid-19?. Arum Sabil : Ikhtiar dengan Hasil Alam Tiada Salahnya

Tunas Negeri.com – Kasus positif Covid-19 di Indonesia yang meningkat drastis bulan terakhir ini, membuat masyarakat mulai mencari cara lain untuk melindungi diri dari keganasan virus ini.

Akibatnya, berbagai mitos mengenai cara menangkal virus Corona pun bermunculan, salah satunya mitos mengenai air kelapa. Banyak orang percaya bahwa minum air kelapa dianggap mampu mencegah dampak buruk akibat infeksi Covid-19 dan mampu membantu pemulihan.

Alhasil, buah kelapa pun menjadi barang langka. Hingga minggu pertama Juli 2021, penjualan buah kelapa dilaporkan meningkat dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan harganya pun ikut terdongkrak.

Sejumlah media bahkan menyebutkan bahwa perburuan air kelapa ini sudah memasuki
fase panic buying.

Benarkah air kelapa ampuh tangkap virus Corona?

Dalam sebuah siaran pers, satgas Covid-19 sendiri sebenarnya telah beberapa
kali menyampaikan bantahan terkait resep atau ramuan terkait air kelapa.

Namun, Satgas menyatakan bahwa air kelapa belum terbukti bisa membasmi Covid-19.

Berbagai fakta dan penjelasan ilmiah mengenai manfaat kesehatan sebenarnya juga telah diulas cukup luas di berbagai media sepanjang minggu lalu. Namun, tampaknya tidak meredakan perburuan air kelapa di masyarakat.

HM Arum Sabil praktisi Agribisnis Nasional saat berada di Ladangnya (Foto: Tunasnegeri)

Arum Sabil Praktisi agribisnis nasional yang juga sedang melakukan riset tentang tanaman kelapa kopyor di lahan percobaan Padepokan HM Arum Sabil mengatakan “Tanaman ini memiliki nama latin Cocos Nucifera, serta mudah tumbuh dan tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Pohon ini pun sering disebut tree of life atau pohon kehidupan karena semua bagiannya memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia”

Air kelapa muda dijadikan sumber minuman bergizi bahkan dikembangkan sebagai minuman isotonik karena mempunyai keseimbangan elektrolit seperti cairan tubuh manusia.

Kamu suka makan nata de coco yang sering terdapat dalam minuman? Sudah tahu asal usulnya? Air kelapa adalah bahan dasar utamanya loh! Mengingat air kelapa mengandung gizi dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, klorin, sulfur dan vitamin K. Nah kesemua kandungan itu bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan hipertensi.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like