EKONOMI

 Musda HIPMI Jatim XIV, BPP HIPMI Akan Berjuang Tingkatkan Sinergi dan Jumlah Wirausahawan Muda Indonesia

(Ketua BPD HIPMI Jatim, Mufti Anam saat menyampaikan sambutan perpisahannya. / Foto: screenshoot Zoom )

(Ketua BPD HIPMI Jatim, Mufti Anam saat menyampaikan sambutan perpisahannya. / Foto: screenshoot Zoom )

 

Rabu, 24 Maret 2021

TunasNegeri.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur akan segera menggelar suksesi kepemimpinan. Dalam Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar mulai Rabu (24/03) ini, Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jatim, Mufti Anam menyampaikan pamit perpisahannya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus yang telah membantu.

“Saya sering ikut organisasi, tapi tidak ada yang seperti di HIPMI Jatim, disini lebih dari sebuah organisasi, persahabatan dan persaudaraan terjalin eratBagi saya, HIPMI lebih dari sebuah organisasi,” ujar Mufti dalam sambutannya pada Rabu, (24/03/2021).

Selain itu, Mufti juga mengatakan bahwa organisasi HIPMI sebelumnya hanya memiliki 20 Badan Pengurus Cabang (BPC). Namun sejak ia mulai menjabat di tahun 2018 sampai hari ini, jumlahnya telah bertambah mencapai 37 cabang.

Dalam Musda tersebut, BPD HIPMI Jatim mengambil tema “Atur Nafas Siap Tancap Gas: Menyongsong Pemulihan Ekonomi Setelah Vaksinasi”. Tema tersebut mengandung spirit kebangkitan ekonomi Jawa TImur, seiring dengan program vaksinasi yang terus berjalan secara bertahap.

Dalam gelaran itu, BPD HIPMI Jatim  juga  memberikan penghargaan kepada tiga Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI di tingkat kabupaten/kota yang dianggap memiliki prestasi.

Yakni, BPC HIPMI Banyuwangi sebagai dinobatkan sebagai BPC yang paling aktif di Jatim. Sedangkan BPC HIPMI Surabaya diangugerahi prestasi sebagai BPC yang paling banyak anggotanya. Sedangkan BPC HIPMI Malang sebagai HIPMI Perguruan Tinggi yang terbaik.

Dalam musda tersebut, HIPMI pusat juga menyinggung soal masih minimnya kewirausahaan di Indonesia.

“Untuk menjadi sebuah negara maju itu, setidaknya harus memiliki wirausaha 12 sampai 14 persen dari total jumlah penduduknya. Sedangkan di Indonesia sampai hari ini baru memiliki 4,6 persen wirausaha,” ujar Eka Sastra, Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI yang hadir memberikan sambutan.

Musda BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim dibuka mulai hari Rabu (24/03) ini . (Foto: Istimewa/ Humas Pemprov Jatim )
Musda BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim turut dihadiri Gubernur Khofifah beserta 3 bupai/ walikota. / Foto: Humas Pemprov Jatim)

 

Karena itu, HIPMI secara keseluruhan siap mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan entrepreneurship di Indonesia.

“Satu bulan lalu kita sudah adakan Rakernas, dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, HIPMI diberi tanggung jawab road map Menuju Indonesia Maju. Karena itu, kita akan menyusun dan meningkatkan road map guna menumbuhkembangkan entrepreneurship di Indonesia,” papar Eka.

Untuk itu, HIPMI akan menempuh dua strategi. Yakni meningkatkan sinergi antar pengusaha serta memperkuat literasi teknologi dalam dunia bisnis.

“Dengan orang hebat itu bisa mengintegrasikan teknologi dalam berbisnis, hal itu bisa mendorong percepatan Indonesia maju sebelum tahun 2025,” pungkas Eka.

Musda HIPMI Jatim XIV itu juga dihadiri oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, tiga kepala daerah juga ikut hadir di acara yang sama. Yakni Walikota Surabaya, Eri Cahyadi; Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, dan Bupati Gresik, Akhmad Yani.

Reporter: Arip Ripaldi

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like