GAYA HIDUP

Nagami, Si Mungil Bernutisi Besar

Buah Nagami di Padepokan HM Arum Sabil. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Jeruk nagami (Citrus japonica), atau kumquat, buah yang kaya akan nutrisi ini masih asing ditelinga kita. Karena, buah ini tidak begitu populer dan tidak banyak ditemukan di Indonesia.

Ukuran buah nagami tidak lebih besar dari buah anggur, namun buah seukuran gigitan ini memenuhi mulut dengan semburan besar rasa jeruk manis.

Dalam bahasa Cina, nagami atau kumquat berarti “jeruk emas.” Buah ini awalnya tumbuh di Cina. Sekarang sudah tumbuh di beberapa negara lain, termasuk daerah yang lebih hangat di Amerika Serikat, seperti Florida dan California.

Berbeda dengan buah jeruk lainnya, kulit nagami rasanya manis dan bisa dimakan, sedangkan dagingnya yang berair terasa asam.

Dilansir dari Healthline, berikut ini manfaat dari buah nagami.

1. Pukulan Nutrisi Besar dalam Buah Kecil

Nagami sangat terkenal karena pasokan vitamin C dan seratnya yang kaya. Faktanya, buah nagami mengandung lebih banyak serat daripada kebanyakan buah segar lainnya.

2. Tinggi Antioksidan dan Senyawa Tumbuhan Lainnya

Karena kulit nagami dapat dimakan, Anda dapat memanfaatkan sumber senyawa tanaman yang kaya. Ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan penurun kolesterol.

3. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh yang Sehat

Vitamin C dan senyawa tanaman dalam nagami membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

4. Dapat Membantu Memerangi Obesitas dan Gangguan Terkait

Penelitian awal menunjukkan senyawa tanaman dalam kulit nagami dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol yang lebih sehat.

Sementara itu, HM Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis Peternakan dan Pertanian, yang memiliki tanaman nagami ini mengutarakan bahwa beragam nutrisi pada buah berwarna terang ini memberikan berbagai macam khasiat kesehatan.

“Di Indonesia buah kumquat ini dikenal nagami, buah ini adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Nagami juga kaya serat dan air, menjadikannya makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan,” uajrnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan cara mengkonsumsi buah nagami tersebut.

“Cara Makan nagami berbeda dengan makan buah pada umumnya. Nagami paling baik dimakan secara utuh tidak dikupas. Rasa manis dari buah ini sebenarnya berasal dari kulitnya, sedangkan isi buah ini asam,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like