AGAMA

Negara dengan Jam Puasa Terpanjang, Norwegia Bahkan Hingga 20 Jam

Ilustrasi berdoa saat puasa. (foto: Freepik).

Tunasnegeri.com – Ibadah puasa merupakan salah satu kewajiban seluruh umat muslim. Umumnya, ibadah puasa dijalankan selama 30 hari setiap bulan Ramadan.

Di setiap negara, durasi lama puasa tidak selalu sama. Hal tersebut dipengaruhi oleh letak geografis dari tiap negara yang memiliki waktu terbit dan terbenam matahari yang berbeda.

Indonesia memiliki rata-rata durasi puasa yang tergolong moderat, yaitu tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama, sekitar 12,5 jam per harinya. Lalu, bagaimana durasi puasa di negara lainnya?

Berdasarkan data yang dilansir dari berbagai sumber, negara yang memiliki durasi puasa terpanjang adalah di Norwegia. Sekitar 21 jam durasi di negara tersebut untuk menjalankan ibadah puasa. Artinya, hanya akan ada 3 jam waktu makan jika kita berpuasa disana.

Norwegia memiliki durasi puasa yang panjang disebabkan oleh adanya kemiringan sumbu Bumi yang cukup besar. Sehingga, matahari tidak terbenam dalam jangka waktu tertentu di area tersebut dan membuatnya menjadi siang selama 24 jam.

Tidak adanya malam di negara tersebut, membuatnya sebagai negara yang memiliki keunikan midnight sun karena tetap terang meskipun malam tiba ketika musim panas.

Adanya hal tersebut tentu mempengaruhi durasi puasa bagi umat muslim di Norwegia. Tak jarang umat muslim disana akhirnya menggunakan metode perhitungan estimasi mengikuti durasi ibadah puasa negara terdekat untuk lebih memudahkan ibadah puasa mereka.

Negara yang memiliki durasi puasa terlama selanjutnya adalah Inggris. Durasi puasa di Inggris sekitar 16,5 jam per hari, lalu diikuti oleh Kanada sekitar 15,5 jam.

Ibadah puasa di Arab Saudi dan India memiliki durasi yang sama, yakni sekitar 14,5 jam per harinya. Sedangkan Brazil, memiliki durasi yang sama dengan Indonesia, yaitu 12,5 jam.

Afrika Selatan dan Argentina memiliki durasi yang lebih singkat jika dibandingkan dengan Indonesia. Ibadah puasa di Afrika Selatan berlangsung sekitar 11,5 jam, sedangkan di Argentina bisa dibilang tergolong singkat, karena hanya berlangsung selama 10,5 jam.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like