PERISTIWA

Obor Api Porprov VIII Jatim Tiba di Grahadi, Gubernur Khofifah Berharap Semangat Patriotisme Tertanam di Jiwa Para Atlet

Gubernur Khofifah saat menerima kirab obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur tahun 2023. (Foto: Humas Pemprov Jatim).

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima kirab obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur tahun 2023 di Halaman Gedung Negara Grahadi, Kamis (7/9) malam. Obor itu dibawa atlet diiringi lima maskot porprov, paskribaka dan drumband.

Saat menerima kirab obor api Porprov VIII Jatim 2023, Gubernur Khofifah didampingi Sekretaris Daerah Prov Jatim, Adhy Karyono, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov Jatim VIII, M Ali Affandi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Jatim Moh. Ali Kuncoro serta Ketua KONI Jatim, M. Nabil.

Perjalanan obor api Porprov VIII Jatim telah melewati empat kabupaten/kota tuan rumah pekan olahraga tahun ini. Obor api diberangkatkan dari Candi Pari Kabupaten Sidoarjo pada 4 September, kemudian menuju Kabupaten Mojokerto. Setelah itu dikirab menuju Kabupaten Jombang.

Sesampainya di Kabupaten Jombang, obor api dibawa ke Kota Mojokerto. Pada hari keempat, obor api Porprov VIII Jatim sudah sampai di Surabaya, disambut dengan prosesi yang meriah dan diterima langsung oleh Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Gubernur Khofifah dalam sambutannya mengatakan, api Porprov VIII Jatim yang dikirab ini merupakan simbol semangat dan patriotisme. Nilai-nilai yang ada tersebut diharapkan bisa tersemai di seluruh atlet, pelatih, official serta wasit dan masyarakat Jatim untuk menyukseskan perhelatan pekan olahraga ini.

Terlebih, sambung Khofifah, perjalanan obor api ini melewati 45 kecamatan di empat kabupaten dan kota tuan rumah Porprov.

“Artinya bahwa semangat kita adalah semangat 45, semangat patriotisme, semangat perjuangan yang itu mudah-mudahan mengantarkan suksesnya Porprov VIII tahun 2023,” tegasnya.

Khofifah berpesan agar semangat juang di Porprov tidak diwarnai dengan hal-hal yang bersifat _unfair_ atau tidak obyektif. Dia pun menekankan bahwa semua pertandingan harus didasari dengan sportivitas yang tinggi.

“Ini adalah upaya membangun semangat kegotongroyongan kita, semangat untuk selalu menjaga sportivitas dan kita akan menjaga seluruh pertandingan berjalan _fairplay_ ,” tegas Khofifah.

Lebih lanjut, Khofifah mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menyemarakkan dan menyukseskan perhelatan olahraga terbesar di Jatim. Karena pembukaan Porprov Jatim VIII akan digelar di GOR Delta Sidoarjo, pada Sabtu (9/9) mendatang.

“Ayo jaga, dukung dan sukseskan bersama Porprov VIII Jatim 2023,” ajak Khofifah.

Khofifah berharap, Porprov Jatim yang diikuti 17.325 atlet, pelatih, dan official ini mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Jatim. Karena suksesnya Porprov akan menjadi referensi bagi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Tentu harapan kita bersama adalah seluruh masyarakat Jawa Timur memberikan dukungan maksimal, memeriahkan, memberikan support (dukungan),” harapnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah meminta masing-masing kabupaten/kota memberikan dukungan kepada kontingennya yang dikirimkan untuk berlaga di ajang Porprov Jatim. Para atlet yang bertanding diharapkan dapat mencetak rekor baru, baik itu nasional maupun internasional.

“Mudah-mudahan semua lancar sukses, kita berharap bahwa ada rekor nasional yang dipecahkan di Porprov ini atau bahkan rekor internasional yang bisa dipecahkan di Porprov kedelapan kali ini,” tuturnya.

Di akhir, Khofifah menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam rangkaian pelaksanaan Porprov VIII Jatim 2023. Juga kepada seluruh masyarakat yang antusias datang dan mengikuti acara penerimaan obor api di Halaman Gedung Negara Grahadi.

“Terima kasih atas kebersamaan kita semua, InsyaAllah seluruh persiapan sudah siap 100 persen, termasuk seluruh masyarakat Jawa Timur yang kali ini dapat hadir di Gedung Negara Grahadi,” ucapnya.

Sementara itu Ketua PB Porprov VIII Jatim 2023 Ali Affandi Mattaliti melaporkan perjalanan api obor Porprov VIII ini telah melewati 45 kecamatan di 4 Kabupaten Kota penyelenggara Porprov. Ia mengatakan api obor ini diambil dari Candi Pari, dimana kata ‘pari’ bermakna padi yang melambangkan kemakmuran.

Ia menyebut masyarakat begitu antusias menyambut kirab obor api Porprov kali ini. Dan menurutnya, kali ini adalah penerimaan obor api Porprov termeriah sepanjang sejarah penyelenggaraan Porprov Jatim. Dan ia berharap Porprov kali ini bisa memberikan _multiplier effects_ bagi masyarakat Jawa Timur di aspek olahraga ekonomi dan pariwisata.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap antusiasme masyarakat yang luar biasa saat kirab api tiba di daerah masing-masing,” kata Ali Affandi Mattaliti.

Penerimaan kirab obor api Porprov VIII Jatim ini juga dimeriahkan dengan penampilan cheerleader dan flasmob jingle Porprov LAGA yang dilakukan bersamaan dengan penyalaan kembang api, tari selamat datang, Tari Bang Bang Wetan dan tarian Lakune Sang Obor dari Sanggar Kreasi Dancer Sidoarjo.

Turut menghadiri acara penerimaan kirab obor api Porprov Jatim ke-VIII yakni jajaran Forkopimda Jatim, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari serta para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like