INTERNASIONAL

Pasukan Rusia Luncurkan Serangan Masal untuk Ambil Kendali Penuh Pelabuhan Mariupol Ukraina

Ilustrasi sehabis perang di Ukraina. (Foto: Zelenskiy Official).

Tunasnegeri.com – Kementrian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pihaknya telah meluncurkan serangan massal terhadap militer Ukraina dan target militer terkait, menggunakan angkatan udara, pasukan rudal, artileri dan sistem pertahanan udara untuk mencapai ratusan target.

Dilansir dari Reuters pada Senin (18/4/2022), rudal yang diluncurkan dari udara telah menghancurkan 16 fasilitas militer Ukraina semalam, termasuk lima pos komando, satu depot bahan bakar dan tiga gudang amunisi, serta baju besi dan pasukan Ukraina.

Serangan tersebut terjadi di wilayah Kharkiv, Zaporizhzhia, Donetsk dan Dnipropetrovsk dan di pelabuhan Mykolayiv, angkatan udara Rusia telah melancarkan serangan terhadap 108 daerah di mana dikatakan pasukan dan baju besi Ukraina terkonsentrasi.

Di daerah lain, pasukan Rusia juga menghancurkan 12 drone dan tank serang Ukraina dan menggunakan rudal Iskander untuk menghancurkan empat depot senjata dan peralatan di wilayah Luhansk, Vinnytsia dan Donetsk.

Kementerian pertahanan mengatakan artileri Rusia juga menyerang 315 sasaran militer Ukraina semalam dan bahwa sistem pertahanan udara telah digunakan untuk menjatuhkan tiga helikopter tentara Ukraina, dua pesawat tempur MiG-29 dan satu pesawat SU-25.

Untuk diketahui, Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dan saat itu telah berjanji untuk melakukan “operasi militer khusus” untuk merendahkan militer Ukraina dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya, sampai semua tujuannya tercapai.

Hingga saat ini difokuskan pada upaya untuk mengambil kendali penuh atas kota pelabuhan Mariupol Ukraina, yang telah dikepung selama berminggu-minggu. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like