GAYA HIDUP

Penggunaan Smartphone Jelang Tidur, Bisa Ganggu Kualitas Tidur

Ilustrasi anak menggunakan smartphone jelang tidur. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Di era teknologi seperti saat ini, sebagian besar manusia pasti menggunakan smartphone, leptop ataupun benda elektronik lainnya.

Namun, baru baru ini Studi King’s College menyimpulkan bahwa paparan cahaya smartphone dari layar alat-alat elektronik dapat mempengaruhi kualitas tidur pada anak-anak maupun orang dewasa.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), bahwa saat ini para peneliti dari University of California dan King’s College London mengatakan alat-alat tersebut bila dipakai dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu pola tidur.

Bahkan, bukan hanya itu, penggunaan smartphone menjelang tidur dapat membuat masalah lebih buruk. Hal itu terbukti bahwa dengan adanya pola tidur yang buruk dapat mengarah pada obesitas, diabetes dan depresi.

Studi di California tersebut mengamati 653 orang dewasa selama periode 30 hari, merekam waktu dan lamanya orang-orang ini melihat layar, serta lama dan kualitas tidur mereka.

Penggunaan layar yang lebih lama, terutama di tempat tidur, jelas terkait dengan tidur yang lebih buruk dan lebih sebentar.

Sebuah kajian dari 20 studi dari empat benua, yang dilakukan di King’s College London, menemukan bahwa kehadiran alat dengan sambungan ke internet di kamar tidur anak menggandakan risiko dampak terhadap siklus tidur mereka.

Lebih jauh, Studi King’s College juga mengklasifikasikan bahwa penggunaan smartphone atau alat elektronik lain itu di gunakan 90 menit sebelum tidur.

Sementara itu, HM Arum Sabil, seorang praktisi pendidikan di Indonesia mengungkapkan bahwa ada cara aman agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

“Ada beberapa cara untuk mendapatkan kuakitas tidur yang baik, seperti engurangi durasi pemakaian smartphone, selalin itu sesuai kan juga kemerahan layar smartphone nya,” kata pria yang akrab di panggil Abah Arum, pada Selasa (29/3/2022).

Namun, sambung Abah Arum, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik hafus di imbangi dengan berolahraga.

“Olahraga teratur dapat membantu untuk lebih cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak. Tapi, perhatikan waktu olahraganya, jika melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur, mungkin ini dapat mengganggu tidur. Pasalnya, olahraga berat dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon stres yang dapat membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk. Sebaiknya lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur Anda atau lakukan olahraga pada pagi hari,” katanya.

Selain itu, Abah Arum juga mengungkapkan dengan membuat kondisi kamar yang nyaman juga dapat membuat kualitas tidur bagus.

“Biasanya tidur akan lebih nyaman di lingkungan yang membuat nyaman untuk tidur. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu tidur dengan nyaman,” pungkasnya. (*).

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like