KESEHATAN

Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Depresi dan Tips Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi Depresi. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Depresi merupakan gangguan mental yang umum terjadi dan sering di abaikan oleh masyarakat, namun ternyata depresi dapat berdampak negatif pada aktivitas sehari hari.

Berikut ini cara untuk mengobati Depresi secara alami dan tips gaya hidup agar terhindar dari depresi.

Dilansir Tunas Negeri dari Healthline, pada Kamis (31/3/2022), Latihan atau berolahraga teratur merupakan cara yang efektif untuk mengurangi depresi.

Hal ini bagus untuk mengurangi deppresi. mulailah berolahraga sekitar 30 menit beraktivitas fisik 3 sampai 5 hari seminggu.

Olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin tubuh, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati.

Hindari alkohol dan penggunaan zat kimia.

Minum alkohol atau menyalahgunakan zat dapat membuat merasa lebih baik untuk sementara waktu. Namun dalam jangka panjang, zat-zat tersebut dapat memperburuk gejala depresi dan kecemasan.

Pelajari cara menetapkan batas

Merasa kewalahan dapat memperburuk gejala kecemasan dan depresi. Menetapkan batasan dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda dapat membantu merasa lebih baik.

Jaga dirimu

Kamu juga dapat memperbaiki gejala depresi dengan merawat diri sendiri. Ini termasuk banyak tidur, makan makanan yang sehat, menghindari orang negatif, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan.

Terkadang depresi tidak merespon obat. Profesional kesehatan dapat merekomendasikan opsi perawatan lain jika gejala depresi tidak membaik.

Pilihan ini termasuk terapi elektrokonvulsif (ECT) atau stimulasi magnetik transkranial berulang (RTM) untuk mengobati depresi dan meningkatkan suasana hati.

Suplemen

Beberapa jenis suplemen mungkin memiliki beberapa efek positif pada gejala depresi.

S-adenosil-L-metionin (SAMe)
Beberapa riset menunjukkan senyawa ini dapat meringankan gejala depresi. Efeknya paling baik terlihat pada orang yang memakai SSRI . Namun, hasil penelitian ini tidak konklusif dan penelitian lebih lanjut diperlukan.

5-hidroksitriptofan (5-HTP)
5-HTP dapat meningkatkan kadar serotonin di otak, yang bisa meredakan gejala. Tubuh membuat bahan kimia ini saat mengonsumsi triptofan, bahan penyusun protein. Namun, diperlukan lebih banyak studi.

Asam lemak omega-3
Lemak esensial ini penting untuk perkembangan saraf dan kesehatan otak. Menambahkan suplemen omega-3 ke dalam diet mungkin membantu mengurangi gejala depresi. Namun, ada beberapa bukti yang bertentangan dan penelitian lebih lanjut diperlukan.

Selalu berbicara dengan dokter sebelum mengambil suplemen, karena mereka dapat berinteraksi dengan obat lain atau memiliki efek negatif.

Vitamin

Mengonsumsi Vitamin penting untuk banyak fungsi tubuh. Penelitian menunjukkan dua vitamin sangat berguna untuk meredakan gejala depresi:

Vitamin B: B-12 dan B-6 sangat penting untuk kesehatan otak. Ketika kadar vitamin B rendah, risiko terkena depresi mungkin lebih tinggi.

Vitamin D: Kadang-kadang disebut vitamin sinar matahari, vitamin D penting untuk kesehatan otak, jantung, dan tulang. Di sana mungkin ubungan antara kekurangan vitamin D dan depresi, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Banyak herbal, suplemen, dan vitamin mengklaim dapat membantu meringankan gejala depresi, tetapi sebagian besar belum terbukti efektif dalam penelitian klinis.

Pelajari tentang herbal, vitamin, dan suplemen yang menjanjikan, dan tanyakan kepada ahli kesehatan Anda apakah ada yang tepat untuk Anda.

Tes depresi

Tidak ada tes tunggal untuk mendiagnosis depresi. Tetapi penyedia layanan kesehatan dapat membuat diagnosis berdasarkan gejala dan evaluasi psikologis.

Dalam kebanyakan kasus, mereka akan mengajukan serangkaian pertanyaan tentang:

Suasana hati
Nafsu makan
Pola tidur
Tingkat aktifitas
Pikiran

Karena, depresi dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya, ahli kesehatan juga dapat melakukan pemeriksaan fisik dan memerintahkan pemeriksaan darah. Terkadang masalah tiroid atau kekurangan vitamin D dapat memicu gejala depresi.

Penting untuk tidak mengabaikan gejala depresi. Jika suasana hati tidak membaik atau memburuk, cari bantuan medis. Depresi adalah penyakit kesehatan mental yang serius dengan potensi komplikasi.

Jika tidak diobati, komplikasi dapat mencakup:

Penambahan atau penurunan berat badan
Sakit fisik
Gangguan penggunaan zat
Serangan panik
Masalah hubungan
Isolasi sosial
Pikiran untuk bunuh diri
Merugikan diri> (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like