KOMUNITAS PERISTIWA

Pererat Tali Silaturahmi, PBH PERADI Jember Gelar Pertemuan antar Advokat

Anggota PERADI Jember saat mengikuti acara silaturahmi. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Pusat Bantuan Hukum (PBH) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Jember adakan pertemuan antar advokat pada Kamis (22/07/2022).

Dalam gelaran tersebut, selain membahas mengenai perkembangan PERADI saat ini, juga sekaligus mengadakan santunan kepada anak yatim untuk berbagi kebahagiaan. Pertemuan tersebut juga menjadi ajang temu kangen guna mempererat tali silaturahmi antar advokat.

“Kita dari PBH PERADI Jember menyelenggarakan yaitu temu kangen dan silaturahmi antar anggota PERADI, dimana tujuan kita disini adalah untuk mempererat tali silaturahmi diantara para advokat,” ujar Deden Yudiansyahwanto selaku Ketua Panitia Penyelenggara.

Deden menjelaskan, dengan adanya agenda tersebut, maka para advokat yang mungkin belum kenal atau jarang bertemu dapat saling menjalin kekerabatan. Disisi lain, pertemuan antar advokat juga dapat mendinginkan suasana masing-masing individu. Sebab, keprofesian advokat kerap bersinggungan menangani kasus dan semacamnya sehingga diperlukan adanya wadah untuk dapat saling sharing dan bertukar pikiran.

“Kita ingin memberikan suatu hiburan namun, tidak terlepas dari tujuan inti acara ini, yaitu mempersatukan keanggotaan PERADI baik senior maupun junior kita pertemukan semua untuk bisa saling tukar pikiran,” pungkasnya.

Deden mengatakan bahwa pertemuan PBH PERADI Jember tersebut menjadi yang pertamakalinya digelar setelah pandemi. Dia berharap agar kedepannya pertemuan antar advokat dapat dijadikan agenda rutin untuk mempererat persaudaraan dan menjalin keguyuban sesama anggota Peradi khususnya PBH Peradi Jember.

Sementara itu, Nurtin Tarigan selaku Pembina Advokat Milenial yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa dalam menggandeng para advokat muda, dirinya memberikan wadah aktifitas dalam bidang seni dan olahraga seperti band dan futsal yang bahkan pernah turut serta hingga ajang event nasional di Bali.

Senada, Rhony BSP Hamsah, selaku Ketua BPH PERADI Jember sangat mengapresiasi dan juga mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sebab, sudah sejak lama agenda temu kangen telah direncanakan, namun adanya pandemi menyebabkan acara tersebut baru dapat digelar.

“Sebelum adanya pandemi, PBH PERADI Jember secara rutin melaksanakan pertemuan untuk diskusi, sharing, dan konsultasi,” terang Rhony.

Rhony memaparkan bahwa agenda rutin yang kerap dilakukan PBH PERADI Jember diantaranya dengan mengadakan sharing dan diskusi yang dilakukan setiap hari Jumat terkait bagaimana agar masyarakat kurang mampu dapat terpenuhi akan kebutuhannya mengenai bantuan hukum.

Kemudian, menggelar kegiatan konsultasi hukum gratis bagi masyarakat umum setiap Rabu. Selain itu juga terdapat pertemuan rutin pengurus setiap dua bulan sekali guna membahas perkembangan PBH PERADI Jember dari waktu ke waktu.

“PBH PERADI Jember juga aktif dalam kegiatan-kegiatan eksternal yang masih berkaitan dengan keprofesian seperti penyediaan konsultasi hukum gratis saat pameran, mengadakan sosialisasi dan pemahaman tentang hukum yang dibutuhkan bagi masyarakat. Serta menerima kegiatan magang baik PKL maupun profesi advokat,” imbuh Rhony.

Lebih jauh, dirinya berharap agar PBH PERADI Jember selain mampu menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota peradi dan sejawat advokat lainnya, juga dapat menjadi wadah untuk saling sharing dan konsultasi bagi pemerintah khususnya yang berkaitan dengan kerja advokat, seperti dalam penyelesaian kasus.

Sehingga, PBH PERADI Jember dapat berperan sebagai tempat ruang lingkup pemberdayaan komunitas. Dan, yang paling utama adalah terkait bagaimana bantuan hukum bisa dekat dengan masyarakat.

Terpisah, EA Zaenal Marzuki SH MH selaku Ketua DPC PERADI Jember yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI turut hadir dalam pertemuan tersebut. Dirinya memaparkan terkait perkembangan dan kondisi PERADI saat ini yang semakin kuat dan independen.

“Ini merupakan bentuk komitmen untuk menunjukkan eksistensi, salah satunya yaitu dengan menyambung silaturahmi,” paparnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like