NASIONAL

Peringati Hari Pancasila, Arum Sabil: Pancasila itu Penting di Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

H.M Arum Sabil, praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia (Foto: Tunasnegeri.com)

Tunasnegeri.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada 1 Juni, yang sebelumnya tidak pernah diperingati secara tetap dan tidak pasti dalam setahun sekali.

Namun, melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dasar atau alasan pemilihan tanggal tersebut karena bertepatan pada momen ketika gagasan tentang dasar negara Republik Indonesia dicetuskan oleh Soekarno melalui pidatonya.

H.M Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengatakan, “Pancasila itu penting sekali di terapkan dalam kehidupan sehari-hari,”.

Karena, menurutnya, Pancasila itu adalah ideologi bangsa dan negara sehingga begitu penting di aplikasikan dalam kehidupan saat ini.

“Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat,” ujar Arum yang juga sebagai Wakil Ketua DPP HKTI dalam keterangan tertulis yang diterima Tunasnegeri.com.

Ia juga mengajak masyarakat untuk lebih peka dan lebih canggih dalam proses penerapan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak.

“Terapkan nila-nilai pancasila, agama dan ajarkan anak untuk selalu berperilaku dan bertuturkata yang baik,” tegasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like