NASIONAL SOSIAL

Peringati HUT RI Ke-60, Kwarda Pramuka Jatim Tabur Bunga di Makam Bung Karno

Kegiatan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa TImur Ziarah dan Tabur bunga di Makam Bung Karno (Foto: Tunasnegeri)

Tunasnegeri.com – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur (Kwarda Pramuka Jatim) melaksanakan kegiatan berupa ziarah dan tabur bunga di Makam Bung Karno di Kota Blitar, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan ziarah tersebut diawali dengan porsesi upacara yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Blitar Tjujuk Sunario yang juga merupakan Wakil Walikota Blitar. Kemudian acara dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga, pembacaan doa dan tabur bunga.

Upacara yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Blitar Tjujuk Sunario (Foto: Tunasnegeri)

Ketua Tim Ziarah Peringatan HUT Pramuka ke-60 Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Kiagus Firdaus mengatakan, dalam rangkaian kegiatan hari jadi pramuka ini , kegiatan ziarah rutin dilaksanakan. Hari Jadi Pramuka jatuh pada tanggal 14 Agustus.

“Khususnya ziarah makam para pahlawan dan di Kota Blitar ini adalah pendiri negeri, pendiri bangsa ini, sang proklamator, presiden kita pertama, yaitu insinyur Soekarno,” kata pria yang menjabat Wakil Sekretaris 1 Pramuka Jawa Timur.

Kak Kia sapaan akrabnya mengatakan, ziarah tersebut difasilitasi oleh kwarcab Kota Blitar Menurutnya, dalam kesempatan itu pihaknya, berdoa semoga proklamator terus menjadi inisiator dan menjadi semangat untuk anak anak muda. Khususnya anggota pramuka.

“Tema ulang tahun Pramuka saat ini dimaknai adalah berbakti tanpa henti,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kak Kia menegaskan, melalui tema tersebut, Pramuka Jawa Timur mengajak seluruh anggota pramuka di 38 kabupaten kota, walaupun di masa pandemi tetap berbakti tanpa henti.

Pramuka Jatim telah banyak melakukan kegiatan dalam rangka turut membantu pemerintah dalam mempercepat untuk penanganan covid 19. Salah satunya ada anggota pramuka yan menjadi tim pemulasaran jenazah korban Covid-19 di Situbondo. Tidak hanya itu, Pramuka Jawa Timur juga telah membagikan sembako, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat.

“Harapan kami dengan ziarah makam ini kami terus teringat akan perjuangan sang proklamator dan pahlawan kita untuk membangun negeri ini,” jelasnya.

Selanjutnya, Kak Kia mewakili Kwarda Pramuka Jatim mengucapkan terima kasih kepada ketua kwarcab gerakan pramuka Kota Blitar beserta pengurus atas sambutannya dan juga fasilitas dalam pelaksanaan kunjungan ke Kota Blitar dan ke Makam Bung Karno. “Kami difasilitasi upacara oleh kwarcab Kota Blitar ini. Sekali lagi terima kasih,” ucapnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like