PERISTIWA

PMI Jember Buka Pendaftaran untuk Relawan, Catat Persyaratannya

JEMBER – Palang Merah Indonesia (PMI) Jember kembali membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat menjadi relawan kemanusiaan dalam Korps Sukarela (KSR) Unit Markas PMI.

KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember adalah wadah yang berada di tingkat Kabupaten Jember yang dibina langsung oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH dalam keterangan pers yang diterima Tunas Negeri, Kamis (18/2).

Dia menjelaskan, pada 2021 ini, KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember membuka pendaftaran bagi anggota baru dengan sejumlah persyaratan.

Kegiatan pelatihan evakuasi oleh KSR PMI Jember. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Humas PMI Jember for Tunas Negeri)

Di antaranya berdomisili di Kabupaten Jember, berusia minimal 18 tahun, bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan, bersedia menjalankan tugas kepalangmerahan secara terorganisasi, dan mentaati peraturan yang berlaku.

“Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi dan men-download formulir yang tersedia pada laman http://bit.ly/PendaftaranKSRPMIMarkas2021 dan mengumpulkan di Sekertariat KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember yang beralamat di Jalan Jawa No. 57 Sumbersari, Jember,” terang Zaenal.

Novita Arofah, Ketua KSR Markas PMI Kabupaten Jember, lebih lanjut menerangkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember meliputi donor darah sukarela, pertolongan pertama dan evakuasi pada kecelakaan, bencana dan konflik, dapur umum, penampungan darurat, distribusi air, dan Restoring Family Link (RFL) untuk korban bencana.

Instruktur pelatihan KSR PMI Jember memberikan pelatihan evakuasi kepada korban. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Humas PMI Jember for Tunas Negeri)

Selain itu, ada juga pelayanan pada program berbasis masyarakat untuk membantu PMI Kabupaten Jember dalam membina anggota Palang Merah Remaja (PMR).

“Ayo bagi masyarakat Kabupaten Jember yang ingin mengabdikan diri secara sukarela di bidang kemanusian bisa bergabung dengan KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember,” ajak Novita.

Sebagai informasi, PMI merupakan organisasi perhimpunan nasional yang berada di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

PMI berdiri pada 17 September 1945 silam. PMI memiliki komitmen untuk membantu saat terjadi konflik, membantu korban bencana alam, dan melaksanakan pelayanan donor darah. PMI memiliki cabang di setiap kabupaten, salah satunya di Jember. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like