INTERNASIONAL

Presiden AS Joe Biden Menuduh Invansi Rusia ke Ukraina Merupakan Genosida

Presiden AS Joe Biden. (foto: Instagram Joe Biden).

Tunasnegeri.com – Presiden AS Joe Biden ungkap invansi Rusia ke Ukraina sama dengan genosida.

Ungkan itu di lontarkan Biden dalam pidatonya di pabrik etanol di Iowa dan kemudian berdiri di samping deskripsi saat dia bersiap untuk naik ke Air Force One.

“Ya, saya menyebutnya genosida karena semakin jelas bahwa Putin hanya mencoba menghapus gagasan untuk bisa menjadi orang Ukraina dan buktinya semakin banyak,” kata Biden, dikutip dari Reuters, pada Rabu (13/4/2022).

“Kami akan membiarkan pengacara memutuskan secara internasional apakah itu memenuhi syarat atau tidak, tetapi tampaknya seperti itu bagi saya.” Sambungnya.

Biden telah berulang kali menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang, tetapi Selasa (12/4/2022) inilah yang menandai pertama kalinya dia menuduh Rusia melakukan genosida di Ukraina.

“Anggaran keluarga Anda, kemampuan Anda untuk mengisi tangki Anda, tidak ada yang harus bergantung pada apakah seorang diktator menyatakan perang dan melakukan genosida di belahan dunia lain,” kata Biden pada sebuah acara di Iowa tentang harga bahan bakar.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan sama-sama berhenti menggambarkan serangan Rusia sebagai genosida dalam beberapa hari terakhir.

“Berdasarkan apa yang telah kita lihat sejauh ini, kita telah melihat kekejaman,” kata Sullivan kepada wartawan pekan lalu. “Kami telah melihat kejahatan perang. Kami belum melihat tingkat perampasan sistematis kehidupan orang-orang Ukraina naik ke tingkat genosida.”

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like