INTERNASIONAL

Presiden Putin Mengklaim Kemenangan di Mariupol, Tentara Ukraina Bertahan

Rusia mengklaim Kemenangan di Mariupol. (Foto: Instagram pribadi Zelenskiy Official).

Tunasnegeri.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim kemenangan atas kota pelabuhan Mariupol pada Kamis, (21/4/2022).

Dilansir dari Aljazeera, pada Jumat (22/4/2022), Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa pabrik baja Azovstal, tempat pasukan Ukraina dan ratusan warga sipil bersembunyi, “diblokir dengan aman” sementara seluruh kota “dibebaskan”, hal itu tentu mendapatkan pujian dari Putin.

Presiden Putin mengintruksikan kepada Shoigu bahwa para militer tidak boleh menyerbu situs tersebut, dan ia menyarankan untuk memblokade pabrik baja (Azovstal).

‚ÄúTidak perlu naik ke katakombe ini dan merangkak di bawah tanah melalui fasilitas industri ini… Blokir kawasan industri ini sehingga lalat pun tidak bisa masuk,” kata Putin.

Presiden Putin juga meminta pejuang Ukraina yang terkepung di lokasi untuk menyerah, dengan demikian Rusia akan memperlakukan mereka dengan hormat dan akan memberikan bantuan medis kepada mereka yang terluka.

Tidak jelas berapa banyak tentara yang berada di lokasi tersebut. Menurut beberapa perkiraan, sebanyak 2.000 tentara masih tetap di Azovstal.

Untuk diketahui kota Mariupol, merupakan sebuah pelabuhan utama di wilayah Donbas timur Ukraina, terletak di antara wilayah yang dikuasai oleh separatis Rusia dan Krimea, semenanjung Laut Hitam yang direbut Moskow pada tahun 2014.

Dengan merebut kota itu, Rusia akan dapat menghubungkan kedua wilayah tersebut karena mengintensifkan serangannya di timur Ukraina. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like