HUKUM SOSIAL

Promosi ke Asdatun Kejati Sumut, Para Tokoh Jember Doakan Kesuksesan Prima Mariza

Foto: Prima Idwan Mariza (kiri) menerima cendera mata yang diberikan oleh mantan Wabup Jember, KH A Muqit Arief disaksikan HM Arum Sabil. (Foto: TunasNegeri.com )

Senin, 01 Maret 2021

TUNASNEGERI.COM – Keceriaan dan keharuan mewarnai tasyakuran pelepasan Prima Idwan Mariza, mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember. Digelar di City Forest & Farm pada Senin (02/03), sejumlah masyarakat hadir dalam acara tersebut.

“Jember ini sudah seperti kota kedua bagi saya. Karena seperti pepatah Melayu, di mana bumi dipijak, di situ langit di junjung,” ujar Prima saat menyampaikan kesannya.

Salah satu hal yang paling berkesan, adalah ketika Kejari Jember berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Desember 2020 lalu. Predikat ini dicapai berkat berbagai terobosan yang dilakukan Kejari Jember.

“Salah satunya adalah Program Jember Kota Literasi Hukum. Kala itu tim penilainya cukup menguji berdasarkan daring, karena masih pandemi,” ujar doktor hukum pidana dari Universitas Jayabaya ini.

Berkarir di kota santri, Prima juga punya pengalaman spiritual mengesankan tersendiri bersama Arum Sabil. Yakni ketika didaulat untuk menjadi imam solat berjamaah ashar dan magrib di dua masdjid besar kebanggaan warga Muhammadiyah dan Nahdlatul ulama ( NU).

Tepatnya di masdjid Da’wah milik warga Muhammadiyah dan Masdjid Besar Darul Muttaqin milik warga NU di kecamatan Tanggul. Kebetulan saat itu, mereka sedang berkunjung untuk menghadiri salah satu acara.

“Untungnya, kita Orang Minang, dari kecil sudah dibiasakan mengaji. Kalau tidak lancar, bisa diturunin kita,” ujar Prima sembari tersenyum.

Adapun HM Arum Sabil yang mengadakan acara tasyakuran tersebut, mengaku cukup terkesan dengan berbagai terobosan yang ditorehkan selama 1,4 tahun Prima menjabat di Jember.

“Kita semua mendoakan, karir Pak Prima ini bisa semakin lancar dan berkah. Semoga silaturahmi ini tidak terputus,” ujar Arum Sabil.

Sebagai putra daerah Jember, Arum Sabil mengaku bersyukur atas berbagai capaian yang ditorehkan selama Prima mengemban amanah di Jember. “Pendekatan yang beliau terapkan selama memimpin Kejari Jember, telah memunculkan suatu sinergi tersendiri,” ujar pria yang besar dari dunia pertanian itu.

Tradisi saling memuliakan dan saling medoakan dengan memelihara silaturahmi adalah kegitan yang rutin di lakukan di kawasan Bumi perkemahan milik Arum Sabil. Yakni di Padepokan Tanggul maupun di City Forest Jember. Salah satunya melalui olahraga dan tanam pohon bersama.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dan pemotongan tumpeng. Sejumlah tokoh yang menghadiri acara tersebut antara lain Ketua Pramuka yang juga mantan Wakil Bupati Jember, KH Abdul Muqit Arief; Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin; Dandim 0824 Jember, dan Letkol Inf La Ode M. Nurdin.

Turut hadir pula Ketua MUI Jember, Prof Abdul Halim Soebahar dan Ketua PD Muhammadiyah, Kusno; Ketua BAZNAS HM Misbahussalam serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Prima dipromosikan menjadi Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Sumut. Jabatan Kajari Jember akan diisi oleh Zulfikar Tanjung yang sebelumnya merupakan Asisten Pengawasan (Aswas) Kejati Aceh. (*)

Reporter: Muh Faizin

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like