PEMERINTAHAN PERISTIWA

Raih Opini WTP Sepuluh Kali, Pemprov Jatim On The Track

Penyerahan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Anggota V BPK RI kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung DPRD Jatim (Istimewa/pemprov-jatim)

Tunasnegeri.com – Untuk Kesepuluh kalinya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jatim Tahun Anggaran 2020.

Terlihat dalam postingan media sosial pribadi miliknya, ia mengunggah foto saat penyerahan predikat opini WTP, yang langsung diberikan oleh anggota V BPK RI Prof. Dr. Bahrullah Akbar kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi saat Sidang Paripurna DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim, Jl. Indrapura Surabaya, Kamis (27/5/2021).

“Alhamdulillah. Pemprov Jawa Timur kembali meraih penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dari BPK RI, Kamis (27/5),” tulis Gubernur Khofifah di akun Facebook pribadi miliknya.

“Ini adalah kali ke-10, Jawa Timur memperoleh status WTP, yang mana artinya pemerintahan ini berjalan on the track,” lanjutnya.

Atas predikat WTP tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak baik BPK RI atas pendampingan dan bimbingan teknis yang dilakukan selama ini. Termasuk DPRD Provinsi Jatim atas fungsi pengawasan serta strong partnership, kerja keras dan koordinasi yang terjalin, juga kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jatim.

“Atas predikat ini, saya sampaikan terimakasih kepada seluruh ASN Pemprov Jawa Timur yang telah bekerja keras mengelola keuangan daerah yang tidak hanya efektif, tapi juga efisien, akuntable, dan transparan,” ungkapnya.

“InsyaAllah, kami akan kelola dengan baik dan digunakan sepenuhnya untuk kebijakan dan program yang pro rakyat,” sambungnya.

H.M Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia berikan apresiasi atas raihan Pemprov Jatim sebagi opini WTP dari BPK RI untuk Kesepuluh Kalinya itu.

H.M Arum Sabil, praktisi pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan (Foto Tunas Negeri)

“Pencapaian yang luar biasa, sepuluh kali Pemprov Jatim mendapatkan opini WTP dari BPK RI, ini menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahannya berjalan, prosedurnya bagus, pertanggungjawaban dan akuntabilitasnya bagus,” ujar Arum dalam keterangan tertulis yang diterima Tunasnegeri.com

Arum yang juga sebagai Wakil Ketua DPP HKTI mengatakan, WTP bukanlah tujuan akhir namun yg lebih penting adalah wujud nyata hasil Pembangunan yang dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

“Banyak yang berlomba mendapatkan WTP, seolah WTP adalah finishline-nya. Padahal, WTP itu merupakan bagian dari garis awal, maka dari itu, teruslah berkerja dan bermanfaat,” (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like