AGAMA

Ramadan Segera Berakhir, Arum Sabil: Ramadan Bulan Paling di Nanti

HM Arum Sabil, Praktisi Pertanian Peternakan Perikanan dan Perkebunan Kab. Jember

Tunasnegeri.com – Bulan Suci Ramadan segera berakhir dan meninggalkan umat Islam. Begitu cepat terasa waktu berpuasa berlalu.

Kepergian Ramadan meninggalkan kesedihan, padahal kerinduan padanya belum juga usai, karena Ramadan penuh dengan momen istimewa dan keberkahan tiada tara.

Arum Sabil, seorang praktisi pertanian peternakan perikanan dan perkebunan mengungkapkan rasa syukurnya atas nikmat di bulan yang penuh berkah ini.

“Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk melihat dan mendapati bulan Ramadan. Ramadan adalah bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia, termasuk kita,” ujar Arum, kepada Tunasnegeri.com pada Rabu, 12 Mri 2021.

Arum menjelaskan banyaknya keutamaan yang ada di bulan Ramadan. Menurutnya, di bulan yang mulia ini, pintu surga terbuka, dan jin terbelenggu untuk menggoda.

“Keutamaan Ramadan salah satunya itu terbukanya pintu-pintu surga dan tertutupnya pintu-pintu neraka. Setan-setan dan jin-jin yang jahat juga terbelenggu untuk menggoda manusia. Hal ini ditegaskan oleh sabda Nabi Muhammad SAW, : Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.(H.R. Bukhari dan Muslim),” ucap Arum.

Ia juga mengatakan, pada bulan ini doa-doa orang-orang yang berpuasa dikabulkan oleh Allah SWT sebagaimana ditegaskan dalam sabda Nabi SAW.

Mengingat begitu besarnya keutamaan-keutamaan Ramadhan, hendaklah kita tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

“Karena itu, kita harus berusaha melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya, bukan untuk tujuan apa-apa, selain keridhaan Allah SWT,” imbuhnya.

Selain itu, Arum juga mengungkapkan keinginannya untuk bertemu kembali dengan bulan suci Ramadan.

“Tak terasa kita akan meninggalkan bulan Ramadan. Bulan yang di dalamnya terdapat malam seribu bulan. Selamat tinggal Ramadan, semoga tahun depan napas kami masih berhembus agar bisa menjalankan Ramadan dengan lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like