GAYA HIDUP KESEHATAN

Rano Karno Kehilangan Empedu, Pola Makan Tak Teratur Salah Satu Sebabnya

Rano karno, aktor senior Indonesia. (Foto: Instagram @si.rano)

Tunasnegeri.com – Siapa yang tak mengenal sosok Rano Karno? Rano sudah populer sejak era 70-an lewat debutnya sebagai aktor cilik di film Lewat Tengah Malam.

Rano Karno merupakan salah satu aktor senior di Indonesia. Mulai dari film dan sinetron, karya-karyanya masih dinikmati masyarakat hingga kini.

Selain aktif di dunia film, Rano Karno juga merambah dunia politik. Rano Karno pernah menjabat sebagai Gubernur Provinsi Banten periode 2015–2017. Dan Kini Rano Karno menjabat sebagai anggota DPRD di Indonesia.

Namun siapa sangka, di balik kariernya yang gemilang, ia pernah mengidap penyakit berbahaya.

Pada tahun 2019 lalu, Rano Karno kala itu sedang disibukkan dengan promo film Si Doel The Movie 2, Ia diminta oleh keluarganya membatasi kegiatan lantaran belum lama menjalani operasi empedu.

Dikutip dari berbagai sumber, penyakit yang diderita Rano Karno pada masaitu merupakan Batu Empedu, lantas apa Penyebab utama Terbentuknya Batu Empedu?

Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.

Sementara itu, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia HM Arum Sabil mengungkapkan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.

“Lemonade dan jus jeruk merupakan dua pilihan minuman yang baik untuk mencegah batu ginjal karena kandungan sitratnya,” katanya.

Batu Empedu juga dapat dicegah dengan menjalani pola makan sehat dan seimbang. Konsumsilah makanan tinggi serat dan hindari makanan bersantan, berminyak, berbumbu kacang, atau mengandung mentega.

“Selain itu, upaya pencegahan batu empedu juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi alkohol, berolahraga secara teratur, perbanyak konsumsi cairan, dan hindari diet yang terlalu ketat,” pungkasnya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like