PEMERINTAHAN SOSIAL

Refleksi Hari Kartini, Gubernur Khofifah: Ibu akan Menjadi Perpustakaan Pertama Generasi Bangsa

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengucapkan selamat Hari Kartini. (Istimewa/ FB Khofifah )

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengucapkan selamat Hari Kartini. (Istimewa/ FB Khofifah )

 

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengunggah video di akun Facebook dan Instagram pribadi miliknya, dalam video yang berdurasi 3:00 menit tentang peringatan hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2021. Ia menyampaikan pentingnya seorang perempuan untuk terus belajar.

Khofifah berpesan agar ibu-ibu di seluruh penjuru Indonesia, atau khususnya di Jawa Timur (Jatim), untuk terus mau membaca, terutama membaca kehidupan, karena kehidupan ini memiliki dinamika yang luar biasa.

“Jangan pernah malas untuk membaca, karena ibu akan menjadi perpustakaan pertama bagi generasi penerus bangsa ini,” ujar Khofifah.

Selain itu, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga menceritakan sosok Sayidah Aisyah radhiallahu ‘anha (RA) istri tercinta Nabi Muhammad SAW, yang memiliki kedalaman keilmuan yang luar biasa.

Pada bulan April yang kebetulan bersamaan dengan bulan Romadon, ini bertepatan juga dengan hari kelahiran Raden Adjeng Kartini.

Sangat banyak sejarah yang menyatakan bahwa seorang RA Kartini, juga adalah santri dari Kiyai Saleh Darat.

Selin itu, di bulan ini pula, Allah SWT menurunkan Al-Qur’an yang ayat pertamanya adalah Iqra (Bacalah).

“Betapa ini pertemuan nilai yang luar biasa bagi perempuan Indonesia, selain Islam mengajarkan bagaimana perempuan pintar mengikuti Sayidah Aisyah, juga adalah bagaimana perempuan agar gemar membca,” Imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga berujar bahwasanya membaca tidak hanya literatur – literatur secara teksbook, tapi bacalah juga tentang kehidupan sosial, membaca dinamika yang sedang terjadi dalam proses tumbuh kembang anak-anak kita, dan lain sebagainya.

“Inilah salah satu alasan kenapa Allah SWT meletakkan surga dibawah telapak kaki ibu. Selamat Hari Kartini 2021,” akhirnya. (*)

 

Reporter: Arip Ripaldi

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like