NASIONAL PENDIDIKAN SOSIAL

Refleksi Hari Tunas, Arum Sabil Kenang Sejarah Pramuka

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil

Foto: Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil. (Foto: Dok Kwarda Pramuka Jatim)

Refleksi Hari Tunas, Arum Sabil Kenang Sejarah Pramuka

Selasa, 09 Maret 2021

 

TunasNegeri.com – Seluruh anggota Pramuka diharapkan mampu menularkan semangat optimisme di saat Indonesia kini sedang berjuang untuk menghadapi dampak pandemi. Hal itu disampaikan Kakak HM Arum Sabil Sabil, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam rangka refleksi Hari Tunas yang diperingati setiap tanggal 9 Maret 2021.

 

“Anggota Pramuka senantiasa dididik untuk menjadi generasi yang mampu bekerjasama dengan baik, bersaing secara sportif dan sehat serta tidak mudah menyerah. Semangat positif seperti itulah yang dibutuhkan ketika bangsa kita berjuang untuk bangkit setelah setahun pandemi melanda,” ujar Kakak Arum.

 

Lebih lanjut, Arum mengenang perjalanan hidupnya yang penuh liku hingga sampai pada capaian saat ini. “Pramuka telah mengajarkan semangat untuk gigih berjuang. Karena itulah, ketika saya diminta untuk menangani Pramuka, saya langsung terpanggil untuk mewakafkan separuh hidup saya, mengabdi kepada masyarakat melalui gerakan kepanduan ini,” tutur tokoh asal Jember ini.

 

Arum melihat, energi positif yang dikembangkan dalam Gerakan Pramuka, berkontribusi dalam membentuk pendidikan karakter khususnya bagi generasi muda. “Dengan berkaca pada sejarah, seluruh anggota Pramuka bisa meneruskan jejak perjuangan para pendahulu bangsa,” ujar tokoh pertanian ini.

 

Arum menjelaskan, penetapan Hari Tunas merujuk pada momen pada 9 Maret 1961. Yakni ketika Presiden Soekarno mengumpulkan sejumlah tokoh dari gerakan kepramukaan Indonesia untuk memperbarui organisasi kepanduan.

 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Soekarno juga membentuk panitia pembentukan gerakan Pramuka yang terdiri atas sejumlah tokoh. Yakni Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr. A. Aziz Saleh, dan Achmadi.

Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Kakak Arum bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan mantan Ketua Kwarda Jatim, Saifullah Yusuf
Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Kakak Arum bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan mantan Ketua Kwarda Jatim, Saifullah Yusuf dalam salah satu kesempatan

 

“Momen pembentukan panitia pada 9 Maret 1961 inilah yang kemudian kita kenang sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka. Semoga, kita bisa melanjutkan perjuangan dan dedikasi para pendahulu bangsa, untuk negeri tercinta,” pungkas Arum Sabil. (*)

Penulis: Muhammad Faizin

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like