EKONOMI PEMERINTAHAN PERTANIAN

Resmikan SPAM Umbulan, Jokowi: Pekerjaan Selanjutnya Masih Banyak

Presiden Jokowi saat meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Pasuruan, Jawa Timur. (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)

Caption: Presiden Jokowi saat meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)

 

Senin, 22 Maret 2021

 

TunasNegeri.com  – Percepatan pembangunan proyek infrastruktur terus dilakukan pemerintah. Terbau, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (22/3/2021).

“SPAM Umbulan yang telah lama dikerjakan hari ini telah rampung dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.” Ujar Jokowi dalam peresmian SPAM Regional Umbulan, di Pasuruan Jawa Timur, Senin (22/03/2021).

Seperti yang diketahui, Pembangunan SPAM Umbulan ini mulai dikerjakan tahun 2017. Selama masa pembangunan, pemerintah memasang pipa transmisi air baku sepanjang 93 kilometer, rumah pompa, unit offtake, dan reservoir di lima kabupaten atau kota.

Dalam pidato sambutannya, Jokowi juga meresmikan SPAM Umbulan. “Dan dengan mengucap bissmillahiraahmanirrahim, saya resmikan SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.” Ucapnya.

Kapasitas penyaluran air bersih yang diolah dari Mata Air Umbulan adalah 4.000 liter per detik. Dengan kapasitas sebesar itu SPAM Umbulan dapat menyuplai air bersih kepda PDAM-PDAM di Kota Surabaya, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, dan PDAB Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan tersebut diunggah di akun media sosial resmi milik Presiden Jokowi.

“Meski begitu, pekerjaan besar masih belum tuntas. Pekerjaan selanjutnya masih ada yakni menyalurkan air bersih tersebut hingga ke rumah-rumah tangga agar dampak pembangunan ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” tulisnya di laman resmi Twitter @jokowi.

Cuitan dari Jokowi pun mendapat banyak komentar positif dari para netizen.

“Terimakasih pak Jokowi atas segala kebaikannya. Tuhan memberkati selalu.” Tulis komentar akun @love_love_cinta

“Sehat selalu pak presiden biar bisa membangun NKRI.” Tulis akun @MNugroho18

Namun, ada juga netizen yang berkomentar lucu, salah satunya dari akun @diki_imba “Pak Jokowi ngetwit ini setelah nonton YT om Deddy duel antara Dewa Kipas vs Irene.” (*)

 

Reporter: Arip Ripaldi

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like