PENDIDIKAN

Sampaikan Terima Kasih ke Gubernur Khofifah, Arum Usulkan Konsep Alam Untuk Pendidikan New Normal

(Dari kiri ke kanan): Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, HM Arum Sabil; Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa; dan Bupati Jember, Hendy Siswanto di acara Persemi. Foto: Dok Humas Kwarda Jatim. 

 

Tunasnegeri.com – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jatim akhirnya sukses menggelar Perkemahan Sehat Era Pandemi (Persemi) yang digagas Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu hingga Minggu (28/03) kemarin. Digelar di dalam kawasan Bumi Perkemahan City Forest & Farm Arum Sabil, Jember,acara tersebut oleh 200 peserta dari berbagai kalangan.

“Sesuai petunjuk Satgas Covid-19, maka peserta kami batasi peserta maksimal 200 orang. Kami sampaikan juga terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan juga seluruh peserta yang berkenan meluangkan waktunya untuk hadir,” tutur HM Arum Sabil, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim kepada reporter TunasNegeri.com pada Senin (29/03).

Karena itu, mewakili seluruh pengurus dan kader Pramuka Jatim yang terlibat, Arum menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran Pemprov Jatim.

“Gagasan ibu Khofifah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Jatim, telah memberikan arahan yang menjadi dasar dari kegiatan Persemi ini. Salah satunya tentang kegiatan Pramuka Produktif di bidang agrobisnis dan ekonomi kreatif,” tutur Arum.

Dalam laporannya kepada Mabida Jatim, Arum menuturkan bahwa kegiatan Persemi berangkat dari keresahan para orang tua. Diadakannya Persemi ini, menurut Arum agar generasi muda bisa lebih dekat dengan alam. Hal ini juga berangkat dari keresahan para wali murid akan dampak negatif pendidikan daring yang berlangsung selama ini. “Ada kekhawatiran atas dampak negatif di aplikasi media sosial yang membentuk karakter negatif. Juga aspek kesehatan seperti obesitas,” ujar Arum yang juga praktisi pertanian itu.

Berangkat dari keberhasilan pelaksanaan Persemi, Arum mengusulkan agar model ini bisa diadaptasi untuk mendukung pelaksanaan adaptasi kenormalan baru di bidang pendidikan,” jelas Arum.

Menurut Arum, kesehatan menjadi aspek pending yang harus diperhatikan pada generasi muda. Karena itu, mendekatkan mereka dengan alam, dijadikan ikhtiar untuk memperkuat kapasitas generasi muda saat ini.

“Karena mereka adalah masa depan bangsa yang harus di jaga. Air, tanah, udara dan satwa adalah bagian dari Alam. Manusia tidak akan bisa hidup normal bila terpisah dari alam karena manusia itu Sendiri bagian dari alam,” pungkas Arum. (*)

Reporter: Arip Ripaldi

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like