EKONOMI INTERNASIONAL

Sanksi AS Untuk Bank Raksasa di Rusia Tidak Akan Berdampak Signifikan, Ini Sebabnya

Ilustrasi bursa saham di Rusia. (foto: pixabay).

Tunasnegeri.com – Usai diberikan sanksi oleh Amerika Serikat (AS), Bank terbesar yang dikelola oleh Rusia Sberbank dan bank swasta terbesar di Rusia Alfa Bank ungkap sanksi tersebut tidak akan memberikan dampak signifikan pada oprasi bank.

“Sanksi tidak akan berdampak signifikan pada operasi bank dan tidak akan memengaruhi layanan ke Rusia karena sistem telah beradaptasi dengan pembatasan sebelumnya,” kata Sberbank, dikutip dari reutres.com pada Kamis, (7/4/2022).

Saham Sberbank jatuh di Bursa Moskow setelah sanksi diumumkan dan mengakhiri hari ini 8,1% lebih rendah pada 141,60 rubel ($1,79) per lembar.

Washington mengatakan sebelumnya pada hari Rabu bahwa transaksi energi akan dibebaskan dari sanksi terhadap Sberbank.

Alfa Bank mengatakan akan menghentikan sementara transaksi dalam dolar AS dengan rekan-rekannya tetapi akan melanjutkan transaksi dalam rubel, euro dan mata uang lainnya.

Senada, seorang perwakilan Alfa Bank mengatakan kepada Reuters bahwa tidak segera jelas apa yang akan terjadi pada rekening dolar AS yang dimiliki kliennya di bank.

“Ada 8.257 sanksi yang dijatuhkan terhadap Rusia. Sebelumnya kami mengkhawatirkan itu, tetapi sekarang – bekerja seperti biasa,” kata Alfa Bank dalam sebuah pernyataan di salurannya di layanan pesan Telegram. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like