KOMUNITAS PENDIDIKAN

Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU Jatim Gelar Perkemahan Wirakarya Ma’arif Daerah I, Dibuka Oleh Ka Kwarda Jatim

Upacara Pembukaan Perkemahan Wirakarya Ma’arif Daerah Perwimada I Secara Virtual

Tunasnegeri.com – Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU Jatim menggelar Perkemahan Wirakarya Ma’arif Daerah (Perwimada) I secara virtual, Rabu (11/8/2021) hingga Sabtu (14/8/2021) mendatang.

Upacara pembukaan perkemahan bagi seluruh Pramuka Ma’arif NU di Jawa Timur ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Kak Arum Sabil secara virtual.

Kak Arum mengatakan bahwa melalui Sako (Satuan Komunitas) Ma’arif NU Jawa Timur, selain sesuai dengan Program kerjanya di tahun 2021, pelaksanaan Perwimada I juga untuk melaksanakan dan mengamalkan isi, butir-butir dari Satya Darma Pramuka dan Dasa Darma Pramuka. Dimana Pramuka harus bisa bermanfaat bagi masyarakat, Salam dan do’a ucapan selamat dari Ibu Nyai Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur selaku ketua majelis pembimbing daerah gerakan pramuka Jawa Timur, beliau mendo’akan semoga keluarga besar sako ma’arif NU cabang se jawa timur selalu sehat bahagia sukses dan diberikan umur panjang yang penuh keberkahan.

“Serta sekaligus untuk menyambut Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 76 juga menyambut Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang ke 60, Sako (Satuan Komunitas) Pramuka Ma’arif NU Jawa Timur menyelenggarakan Perwimada I  tahun 2021. Kami atas nama keluarga besar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka jawa timur mengucapkan selamat dan sukses melaksanakan perkemahan wirakarya ma’arif daerah 1 secara virtual,”ujarnya.

Kegiatan Perwimada I tersebut diikuti oleh 29 Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif di seluruh Jawa Timur. Dimana dalam pelaksanaannya dilakukan secara virtual di masing-masing satuan.

Kak HM Arum Sabil saat berikan sambutan pembukaan Perwimada I Secara Virtual

Dalam sambutannya itu, KakArum mengatakan bahwa salah satu masalah terhadap karakter remaja dan generasi muda sekarang adalah cara menyikapi perbedaan pendapat dan golongan serta menurunnya pepersatuan. Sehingga ia berpesan melalui Perwimada I, ia berharap agar tercipta rasa persatuan dan persaudaraan sebagai outcome kegiatan.

“Penegak dan Pandega di Satuan Komunitas Ma’arif, diharapkan menjadi pelopor dan teladan untuk membangun persatuan, persahabatan dan perdamaian melalui kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan kreatifitas, bakti, keterampilan, kebersamaan dan rasa empati juga peduli,” kata Kak Arum.

Apalagi di masa Pandemi Covid-19 saat ini. Maka perlu untuk saling mendukung, membantu dan bersinergi satu sama lain untuk bisa berjuang bersama.

“Karena kebersamaan adalah kunci kita semua untuk melalui pandemi covid dengan kuat.Pandemi bukan menjadi alasan untuk berhenti bergerak. Semangat kebersamaan dan bahu-membahu akan membuat kita bangkit dari keterpurukan dan melawan halang rintang,” jelasnya.

Selain itu juga pelaksaan Perwimada I adalah sebagai media gerakan insan Ma’arif bisa memanfaatkan Kemajuan teknologi dan keterbukaan komunikasi dengan positif melalui perkemahan secara virtual tersebut.

“Hal ini memerlukan pengarahan untuk itu perlu disediakan media untuk mengarahkan penggunaan perkembangan teknologi yang positif tanpa membatasi dinamika anak dan remaja, diharapkan menjadi pelopor dan teladan untuk membangun persatuan, persahabatan dan perdamaian melalui kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan kreatifitas, bakti, keterampilan, kebersamaan dan rasa empati juga peduli terhadap sesama, dan pelestarian lingkungan hidup.” terakhir Kak Arum berpesan bahwa barang siapa yang menyayangi yang di bumi ia akan disayang oleh yang di langit, maka terus tunjukan kemanfaatan untuk orang di sekitar dan alam, tandas orang nomor satu di Kwarda Gerakan Pramuka Jatim itu.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like