KESEHATAN

Sayangi Tubuhmu, Lakukan Diet yang Aman

JEMBER – Memiliki tubuh yang ideal merupakan idaman bagi semua wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Demi mewujudkannnya mereka rela mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, ataupun membuat diri sendiri kelaparan.

Padahal, berkomitmen pada seperti ini sangat sulit dilakukan dan memiliki berbagai risiko kesehatan. Seperti kekurangan zat besi, folat, kalsium, dan vitamin B12. Lalu apakah cara untuk menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri dan dihantui berbagai resiko kesehatan?

Ada beberapa teknik diet sederhana dengan hasil instan dan aman untuk kesehatan kita. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Perbanyak serat

Serat merupakan bagian dari nutrisi yang berfungsi untuk menurunkan berat badan dan mencegah naiknya berat badan. Nutrisi ditemukan pada sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Semakin banyak serat di konsumi semakin lancar pencernaan Anda dalam mencerna makanan.

2. Kurangi karbohidrat olahan

Kenapa karbohidrat olahan harus dihindari? Karena karbohidrat olahan merupakan jenis karbohidrat yang telah diolah sedemikian rupa sehingga serat dan nutrisi lainnya hilang. Kalian bisa menemuka karbohidrat olahan pada tepung, roti tawar dan pasta.

3. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Membiarkan tubuh kelaparan sama halnya dengan melakukan balas dendam dengan cara makan berlebihan. Selain itu, Kalian bisa melupakan makanan sehat yang cocok untuk diet dan justru mengonsumsi apa saja yang ada di depan mata

4. Kurangi makanan dan minuman manis

Semakin manis makanan atau minuman yang kita konsumsi, maka semakin banyak pula gula yang di komsumsi tubuh, tentunya semakin banyak pula kalori yang akan diserap oleh tubuh.

5. Olahraga ringan yang rutin

Untuk mengoptimalkan diet yang kalian lakukan olahragalah solusinya. Dengan diet berat badan Anda memang berkurang namun badan kalian tidak akan kencang alias bergelambir. Nah, olahragalah yang mencegah badan Anda jadi bergelambir.

6. Perbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih bisa membuat kalian merasa kenyang lebih cepat dan kalori yang di konsumsi lebih sedikit. Dan juga air putih bisa mencegah tubuh Anda dehidrasi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebaiknya kita melakukan diet yang aman untuk jangka panjang jadi jangan pernah menyiksa diri kalian dengan diet yang terlalu ketat.

Dan pastinya jangan lupa berkonsultasi dengan ahli diet terdaftar untuk mendapatkan saran nutrisi yang spesifik untuk membantu kita mendapatkan tubuh ideal dengan cara aman. (*)

Pewarta: Refsa Ina Irianti

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like