BUDAYA

Sejarah Reog, Kebudayaan Asli Indonesia yang Diklaim Negara Tetangga

Ilustrasi Reog Ponorogo. (Foto: Screenshot Youtube WONOGIRI RAYA).

Tunasnegeri.com – Reog Ponorogo, sesuai dengan namanya ini merupakan kebudayaan asli Indonesia tepatnya berasal dari Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Reog Ponorogo dalam sejarah sebenarnya memiliki arti politik yaitu sindiran untuk Raja Kertabumi dan kerajaannya.

Seni pertunjukan Reog ini dilakukan di tempat terbuka dan sebagai hiburan rakyat yang berbau mistik atau magis. Tidak hanya itu, Reog juga mengandung ilmu kebatinan dari lakon reog yang kuat.

Dalam seni pertunjukan, Reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai “Singa Barong” atau raja hutan yang menjadi simbol untuk Raja Kertabhumi yang mana topengnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan kekuatan para rekan Tiongkoknya yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya.

Selain itu dalam seni pertunjukannya juga ada Jathilan yang diperankan oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda-kudaan menjadi simbol kekuatan pasukan Kerajaan Majapahit.

Ada banyak versi yang menjelaskan tentang sejarah adanya Reog, salah satunya Reog Ponorogo menceritakan seorang Raja dari Ponorogo yang berminat melamar putri dari Kediri yakni Dewi Ragil Kuning. Di tengah jalan, mereka dicegat oleh Raja Singa Barong dari Kediri dan para pasukan raja tersebut terdiri dari merak dan singa.

Warok diceritakan memiliki ilmu hitam yang membuat mereka semua kerasukan saat mementaskan tarian ini. Hal tersebut yang dipercaya membuat para penari bergerak dengan lincah dan pembawaan barong dapat kuat mengangkat topeng berat tersebut.

Selain menjadi daya tarik bagi warga Indonesia itu sendiri, Reog juga berkembang dibeberapa Negara seperti Malaysia, Hongkong, Jepang, Belanda dan negara lainnya sehingga kebudayaan ini telah diakui oleh dunia dan Indonesia telah mendaftarkan warisan budaya tak benda kepada UNESCO demi mempertahankan warisan budayanya sendiri agar tidak terlupakan dan diklaim oleh negara lain.

Tokoh-tokoh dalam seni Reog Ponorogo, Antara lain :

1. Jathil
Jathil merupakan salah satu tokoh prajurit berkuda dalam seni Reog. Jathilan adalah tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda. Tarian ini dibawakan oleh penari di mana selang penari yang satu dengan lainnyanya saling sepasang. Ketangkasan dan kepiawaian dalam bertempur di atas kuda diperlihatkan dengan ekspresi atau greget sang penari.

2. Warok
Warok adalah bidang peraga dari kesenian Reog yang tidak terpisahkan dengan peraga lainnya dalam unit kesenian Reog Ponorogo. Warok adalah seorang yang betul-betul menguasai ilmu adun kelahiran maupun batin.
3. Barongan atau Dadak merak
Barongan adalah salah satu peralatan tari yang sangat dominan dalam kesenian Reog Ponorogo, mempunyai ukuran panjang sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,30 meter dan memiliki beratnya sekitar 50 kilogram.

4. Klono Sewandono
Raja Kelono adalah seorang raja yang sakti mandraguna serta memiliki pusaka berupa cemeti yang sangat ampuh dengan sebutan Kyai Pecut Samandiman.

5. Bujang Ganong
Bujang Ganong atau yang lebih dikenal dengan sebutan ganongan adalah salah satu tokoh yang enerjik Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like