NASIONAL PERTANIAN

Sektor Pertanian ‘Multiplier Effect’ Pariwisata Jember

Arum Sabil saat berada di lahan pertaniannya usai kembangkan sistem drip irrigation (Foto: Tunasnegeri)

Tunasnegeri.com – Pengembangan sektor pertanian akan menjadi multiplier effect dalam peningkatan pariwisata di Jember

Penegasan tersebut disampaikan Arum Sabil Prakrisi Agribisnis Nasional, menurutnya pertanian diyakini membawa pengaruh besar terhadap suatu kegiatan wisata karena berhubungan dengan praktik ekonomi dan padat karya.

“Jember memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang luar biasa sejak jaman belanda, mulai dari perkebunan tebu, tembakau, kopi, karet dan komoditas pertanian lainnya. Secara geografis Jember sangat mendukung baik landskap alam dan luasan lahan.”

Lahan HM Arum Sabil (Foto: Tunasnegeri)

Tentunya harus banyak terjadi pengembangan agrowisata di Jember yang kemudian berlanjut dengan permintaan masakan dengan karakteristik bahan lokal, oleh-oleh dari produk perkebunan olahan sehingga akan banyak kegiatan ekonomi yang diciptakan dalam satu destinasi wisata agro. Ujar Arum Sabil yang juga mengembangkan lahan agrowisata berbasis riset di padepokan HM Arum Sabil Tanggul-Jember.

Stakeholder pertanian dan pariwisata nasional harus memacu daerah-daerah yang memiliki potensi agrowisata karena selain dampak ekonomi tentunya kedaulatan pangan bagi Indonesia akan menjadi kekuatan bagi masyarakat karena kebutuhan pangan dapat dipenuhi secara sustainable.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like