GAYA HIDUP

Selain Untuk Tanaman, Air Embun Juga Bagus Untuk Manusia, Salah Satunya Mencegah Kerutan di Wajah

Ilustrasi air embun di daun. (Foto: Pixabay). 

Tunasnegeri.com – Saat pagi hari ketika udara masih sejuk biasanya banyak air embun yang akan muncul di dedaunan. Bukan hanya jadi penyegar di pagi hari, ternyata air embun memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Tetapi pernahkah kamu tahu apa saja manfaat embun di pagi hari?

Embun atau uap air biasanya terjadi karena hasil kondensasi. Kondensasi adalah proses perubahan bentuk benda gas menjadi cair.

Melalui udara yang sejuk dan banyaknya embun di pagi hari yang ada, ternyata embun memiliki segudang manfaat, tak hanya untuk manusia tetapi tumbuhan juga loh.

Dilansir Tunas Negeri dari berbagai sumber ini manfaat embun.

1. Manfaat Embun untuk Mengurangi Stres pada Tanaman

Siapa yang mengangka bahwa ternyata tanaman juga bisa stress loh. Untuk itu embun bisa mengurasi stress dengan melalui tiga proses utama, yaitu:

1. Air yang disimpan di rumput dan daun mengurangi transpirasi yaitu pelepasan air ke atmosfer melalui pori-pori di daun tanaman.

2. Embun akan membentuk penghalang pelindung pada daun dan transpirasi tidak akan terjadi sampai embun menguap. Artinya, tanaman mempertahankan lebih banyak kelembapan di dalam selnya, jadi membuatnya tahan dalam kondisi panas dan kering.

3. Saat embun menguap, ia mendinginkan tanaman dengan cara yang sama seperti keringat yang menguap mendinginkan tubuh di hari yang panas. Ini mengurangi tekanan panas di lingkungan yang sangat panas.

2. Membantu Perkecambahan Biji
Kelembapan yang terjadi akibat embun ditambah juga lingkungan yang sejuk dapat mempermudah tumbuhnya kecambah pada beni benih tanaman.

Selain untuk tanaman, embun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya :

1. Menyegarkan Badan
Keseharian yang cukup padat biasanya dapat membuat tubuh menjadi lemas. Agar badan terasa lebih bugar anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi air embun, kandungan oksigen yang ada pada air embun membantu memulihkan tubuh dan membuat menjadi lebih segar.

2. Mencegah Kerutan di Wajah
Nah bagi wanita apabila ada kerutan di wajah pasti akan menjadi pikiran, untuk mengatasinya biasanya para wanita ini akan melakukan serangkaian perawatan wajah. Daripada anda melakukan hal tersebut anda bisa mengkonsumsi air embun, karena kadar oksigen yang tinggi dalam air embun bisa membantu melindungi wajah dari jerawat serta membantu menjaga kekenyalan dan juga kelembaban kulit. Selain itu, mengkonsumsi air embun juga bisa mengurangi wajah berminyak. (*).

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like